Apa Itu Alergi Debu?

Dokter Sehat – Alergi adalah masalah yang diderita oleh banyak orang, salah satunya adalah alergi tungau debu. Alergi debu yang disebabkan oleh  organisme mikroskopis yang hidup di debu dan dapat ditemukan hampir di semua rumah dan tempat kerja, jumlah debu yang berlebih dalam rumah bisa memicu reaksi alergi. Oleh karena itu sebagai penghuni rumah, Anda dapat menyingkirkan alergi debu yang disebabkan oleh debu yang berlebihan di rumah.



Cara sederhana untuk membersihkan debu di rumah :

  1. Gunakan vacum cleaner untuk menghilangkan debu  dari kasur, mebel berlapis kain, dan tirai.
  2. Hindari karpet, dan ganti filter AC secara teratur.

Gejala alergi tungau debu hampir sama dengan gejala alergi pada hewan peliharaan, dan juga dapat menghasilkan gelaja asma.

Berikut ini adalah gejala-gejala debu tungau :

  1. Bersin
  2. Hidung berair
  3. Gatal pada mata, dan mata merah-merah
  4. Hidung tersumbat
  5. Gatal pada hidung
  6. Postnasal drip
  7. Batuk
  8. Sering terbangun karena merasa gatal pada kulit
  9. Bengkak di bawah mata
  10. Sinus

Tungau debu rumah bentuknya kecil dan berkaki delapan, tetapi mereka jarang terlihat. Tungau debu Pria tinggal selama 2 sampai 3 minggu dan tujuan utamanya adalah untuk kawin dengan perempuan. Tunggau debu sangat sensitif terhadap suhu, sehingga pengeringan sprei dalam mesin pengeringan adalah ide yang sangat bagus. Karena akan membunuh tungau yang hidup di lembaran Anda.

Lamanya siklus biasanya satu bulan dan tergantung pada iklim, idealnya 25 ° C dan RH 75%. HDM bertahan hidup dan bereproduksi yang terbaik di soft furnishing seperti karpet dengan tumpukan lama, selimut dan mainan mahal, yang berisi besar pasokan sumber makanan mereka. Sebaiknya sediakan lingkungan yang bersih di rumah, yang membentuk ekosistem dalam lingkungan mereka. Alergi debu tungau adalah respons dari sistem kekebalan tubuh manusia untuk zat protein asing, untuk menghindari alergi debu pada rumah maka rutinlah membersihkan rumah terutama barang-barang yang banyak menyimpan debu.