Apa Fungsi Keringat Bagi Tubuh?

DokterSehat – Tahukah Anda apa manfaat keringat bagi kesehatan tubuh? Selama ini kita sering mengeluarkan keringat baik disengaja maupun tidak seperti saat dalam kemacetan di jalan, sedang presentasi di kantor atau sedang makan siang dengan nasi hangat dan lauk sambal pedas. Keringat yang mengucur paling-paling hanya sekedar diseka dengan sapu tangan atau tissue. Kita tidak pernah mencari tahu mengapa keringat keluar dan apa fungsinya bagi tubuh.



Dibawah ini adalah manfaat-manfaat keringat bagi kesehatan tubuh:

1. Keringat membuat suhu tubuh tetap dingin

Keringat berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, yakni mendinginkan suhu tubuh anda yang naik ketika berolahraga. Berkeringat sangat penting untuk proses pendinginan tubuh secara alami.

2. Keringat dapat membersihkan racun dari tubuh

Keringat membantu tubuh Anda secara alami membuang racun. “Penelitian telah menunjukkan bahwa keringat mengandung berbagai jenis senyawa, termasuk sejumlah kecil logam yang berpotensi beracun, seperti kadmium, aluminium, dan mangan. Ini adalah alasan utama mengapa berkeringat dianggap sebagai detoxicant (penetralisir zat beracun),” kata Rogers. 2 juta hingga 5 juta kelenjar keringat di kulit manusia dapat memainkan peran penting dalam menghilangkan banyak zat beracun yang ada di tubuh.

3. Keringat dapat mempercantik kulit

Keringat mengandung sejumlah kecil antibiotik yang dapat melawan bakteri yang ditemukan secara alami pada kulit. Berkeringat juga dapat membersihkan pori-pori yang sehingga membuat kulit terlihat cerah dan halus. Banyak berkeringat juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan mengurangi efek kerusakan kulit.

4. Keringat memperlancar sirkulasi darah

Berkeringat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika tubuh memanas dan mengeluarkan keringat, jantung bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme ini bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang.

5. Keringat dapat melawan infeksi

Para dokter mengatakan bahwa berkeringat dapat menangkis methicillin-resistant Staphylococcus aureus, lebih dikenal sebagai MRSA, bakteri jahat yang bertanggung jawab untuk beberapa infeksi yang sulit diobati. “Keringat telah terbukti memainkan peran penting dalam memerangi bakteri berbahaya dan jamur pada kulit,” kata Adam Friedman, M.D., FAAD, dokter di Pusat Dermatology. Itu karena keringat mengandung nitrit, di mana setelah mencapai permukaan kulit akan mengkonversi menjadi oksida nitrat, gas kuat dengan sifat spektrum anti-bakteri dan anti-jamur. “Keringat juga mengandung antibiotik atau peptida antimikroba alami yang disebut DermIcidin, yang dapat membunuh MRSA dan bakteri buruk lainnya yang ada di permukaan kulit,” kata Friedman.

Baca Juga:  Keputihan Karena Infeksi Trichomonas

6. Menurunkan stres

Keringat tidak secara langsung dapat menurunkan stres atau meningkatkan suasana hati. Namun, meningkatkan panas tubuh dengan berolahraga atau sauna memiliki efek positif. Endorfin dan bahan kimia lainnya yang dilepaskan saat berolahraga secara alamiah meningkatkan mood dan menurunkan stres.

7. Keringat dapat mencegah asma

Jika anda berkeringat banyak setelah berolahraga, maka memungkinkan anda untuk meminimalisir terjadinya asma. Penelitian dari Universitas Michigan mengatakan bahwa berkeringat dapat membantu menurunkan resiko terjadinya asma. Dan semakin anda berkeringat ketika berolahraga, semakin baik, karena semakin anda berkeringat, semakin rendah resiko anda mengalami asma.

8. Membakar kalori

Berkeringat juga bisa membantu menurunkan berat badan. Ketika tubuh dipanaskan saat berolahraga, lemak dalam tubuh larut dalam air dan keluar dari tubuh lewat keringat. Berkeringat dapat membakar 300 kalori per jam.

9. Keringat membantu melawan penyakit

Pernah bertanya-tanya mengapa anda berkeringat ketika anda sedang demam? Berkeringat adalah cara tubuh dalam memberitahu sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Tidak hanya membantu menjaga berat badan, keringat juga bermanfaat ketika anda sedang demam. “Peningkatan aktivitas metabolik merangsang sistem kekebalan tubuh. Jadi, ketika anda demam, berkeringat adalah cara tubuh anda untuk berusaha menyembuhkan dirinya sendiri”, kata Christian Nix, MA, L.Ac, seorang dokter pengobatan Cina dan ahli akupuntur berlisensi.