Apa Dampak Konsumsi Sabu Seperti yang Dilakukan Oleh Jennifer Dunn?

DokterSehat.Com– Saat menjalani pemeriksaan, Jennifer Dunn mengaku bahwa dirinya sudah mengkonsumsi sabu dalam setahun terakhir. Tujuan dari mengkonsumsi barang haram ini adalah untuk menghilangkan rasa capek dan membuat tubuhnya lebih bugar. Sebenarnya, apakah memang mengkonsumsi sabu bisa memberikan efek tersebut?

Jennifer_dunn_doktersehat

Photo Credit: Sulselsatu.com

Pakar kesehatan dr. Benny Ardjil, SpKJ, ICAP yang berasal dari Pondok Tebing Al Yamin Addiction Recovery Training yang ada di Bandung, Jawa Barat, menyebutkan bahwa konsumsi narkoba berjenis amphetamine-type stimulants seperti yang dilakukan Jennifer Dunn memang bisa membuat penggunanya mengalami lonjakan perasaan bahagia dengan signifikan. Sabu juga bisa membuat pikiran, perasaan, dan perilaku penggunanya menjadi lebih tenang, cepat, lebih aktif, dan energik.

Sayangnya, meskipun bisa membuat lebih bersemangat, berhenti mengkonsumsinya untuk beberapa waktu akan membuat penggunanya merasa lemas, murung, tak lagi bersemangat, hingga mengalami depresi. Hal ini berarti, mereka yang sudah kecanduan sabu akan sangat sulit untuk berhenti menggunakannya. Untuk menghentikan kecanduan ini, mau tidak mau mereka harus melakukan terapi atau rehabilitasi.

Seberapa lama pengguna sabu harus melakukan terapi atau rehabilitasi agar bisa sembuh? Hal ini sangat bergantung dari seberapa banyak Ia menggunakannya, sudah berapa lama mengkonsumsinya, hingga kepribadian dan latar belakang keluarganya. Dengan melakukan rehabilitasi, maka pengguna sabu akan dilatih untuk menahan keinginan untuk terus memakai narkoba jika sudah merasa murung, tak bersemangat, lemas, atau depresi.

Melihat betapa mengerikannya dampak buruk dari penggunaan sabu seperti yang dikonsumsi oleh Jennifer Dunn ini, jangan coba-coba untuk ikut-ikutan mengkonsumsinya ya?