Apa Beda Tanda Expired Date dan Best Before Pada Bungkus Makanan?

DokterSehat.Com – Jika kita membeli makanan kemasan layaknya roti atau camilan lainnya, kita tentu kerap melihat tulisan “Expired Date” dan juga “Best Before”. Banyak dari kita yang langsung menyimpulkan tanda tersebut sebagai tanda kadaluwarsa dari makanan yang kita beli. Hal ini memang benar adanya, namun, tahukah anda jika ada perbedaan dari kedua tanda tersebut?



Pakar kesehatan dan diet dr. Grace Judio-Kahl, MSc, HM, CHt, yang berasal dari klinik Light House Indonesia menyebutkan bahwa pencantuman tanggal kadaluwarsa ini dilakukan oleh produsen makanan sebagai tanda dan antisipasi bahwa kualitas makanan atau minuman mereka akan menurun. Saat menetapkan tanda kadaluwarsa ini, produsen makanan atau minuman sebenarnya sudah melakukan berbagai tes sebelum memasarkan makanannya. Dalam tes ini, mereka bisa mengetahui kapan makanan atau minuman mulai mengalami perubahan fisik, bau, hingga pertumbuhan bakteri.

Biasanya, tanggal kadaluwarsa ini ditetapkan sebagai jangka waktu sebelum dari batas maksimal makanan atau minuman bisa dikonsumsi. Sebagai contoh, andai makanan ini sebenarnya akan menurun kualitasnya pada tahun kedua, maka pada tahun pertamalah tanggal kadaluwarsa ini dicantumkan. Dengan menetapkan tanggal ini, maka diharapkan kita tidak mengkonsumsi makanan yang sudah menurun kualitasnya dan bisa memicu keracunan.

Lantas, apa pembeda dari tanda best before dan expired date ini? Dr. Grace menyebutkan bahwa tanggal best before menandakan kualitas makanan dan minuman masih dalam kondisi prima sebelum tanggal tersebut. Setelah tanggal best before ini, bisa jadi makanan sebenarnya masih dalam kondisi yang baik dan bisa dikonsumsi selama beberapa waktu, namun kita tentu harus mengecek apakah ada perubahan pada makanan tersebut atau tidak agar tidak mengkonsumsi makanan kadaluwarsa. Sementara itu, expired date menandakan bahwa pada tanggal tersebut biasanya makanan mulai mengalami perubahan bentuk, warna, bau, penurunan nutrisi, atau bahkan makanan bisa menjadi lebih kering dan mengeras. Jika kita mengkonsumsi makanan pada tanggal expired date tersebut, dikhawatirkan hal ini kurang baik bagi kesehatan dan menyebabkan keracunan.