Apa Beda Dari Susu Biasa dan Susu Hamil

DokterSehat.Com – Susu adalah salah satu minuman yang mampu menyediakan kandungan gizi luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Namun, jika kita mencermati, susu biasa dan yang diperuntukkan oleh ibu hamil seringkali dibedakan. Apa alasan dari pembedaan ini?

doktersehat-hamil-susu-oatmeal

Meskipun sama-sama susu, susu biasa dan susu hamil ternyata memiliki fungsi yang berbeda. Sebagai informasi, kebutuhan ibu hamil tentu berbeda dengan wanita yang normal. Ibu hamil tentu harus menjaga kondisi kesehatan tubuhnya dan janin di dalam kandungannya agar bisa berkembang dengan maksimal. Dengan mengkonsumsi susu hamil, maka ibu pun bisa memenuhi kebutuhan nutrisi keduanya dengan baik.

Menurut pakar kesehatan, susu biasa memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemak sehat, kalsium, kolesterol, vitamin, dan juga mineral. Dengan rutin mengkonsumsi susu, maka kita bisa menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dengan maksimal. Sayangnya, kandungan gizi susu biasa ini ternyata dianggap belum cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil yang lebih tinggi. Di dalam susu yang diformulasikan bagi ibu hamil, kita bisanya akan menemukan kadar kandungan lemak dan kolesterol yang lebih sedikit, namun, ada tambahan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin layaknya zat besi, natrium, asam folat, dan juga kalium. Dengan adanya nutrisi tambahan ini, maka volume darah pada ibu hamil pun bisa meningkat sehingga mereka pun tidak mudah terkena anemia. Kandungan asam folat juga diyakini mampu mencegah bayi terlahir dengan kecacatan yang disebabkan oleh masalah neural tube defect.

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya memang ibu hamil rutin mengkonsumsi susu hamil agar bisa menjaga kesehatan sekaligus perkembangan janinnya. Hanya saja, jika ibu hamil tidak suka dengan susu hamil, mereka juga masih bisa mengkonsumsi susu biasa atau menerapkan pola makan yang sehat dan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh janinnya.