Apa Beda Air Putih Dengan Air Mineral?

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, beberapa produk air minum dalam kemasan disebut sebagai air mineral. Padahal, saat kita meminumnya, yang kita rasakan hanyalah seperti air putih biasa. Sebenarnya, apa beda dari air putih dengan air mineral?

doktersehat-isi-ulang-botol-air-minum-kotor-bakteri

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa air putih adalah salah satu air yang paling mudah kita dapatkan. Cukup hanya dengan memasak atau mensterilkan air yang bisa kita dapatkan dari keran, sumur, dan sumber air lainnya, maka air ini sudah bisa kita konsumsi. Hal ini berbeda dengan air mineral yang biasanya sudah dikemas sebagai air minum dalam kemasan. Yang menarik adalah, air mineral sendiri juga dibagi menjadi dua, yakni air mineral murni dan buatan. Khusus untuk air mineral buatan, biasanya air ini sudah ditambahi beberapa kandungan mineral lainnya.

Air putih dan air mineral memiliki perbedaan mendasar pada kandungannya yang sayangnya tidak bisa kita bedakan secara kasat mata. Sebagai contoh, air putih memiliki satu atau dua atom hydrogen. Sementara itu, air mineral memiliki kandungan mineral lebih banyak. Jika kita cermati, air mineral juga memiliki rasa yang berbeda-beda bergantung pada merek penjualnya.

Dengan minum air putih, kita bisa mencegah datangnya dehidrasi dan menjaga tubuh tetap fit. Selain itu, air putih juga akan membantu proses detoksifikasi tubuh. Sementara itu, air mineral memiliki manfaat yang lebih banyak seperti membantu menjaga berat badan tetap ideal, menjaga kulit tetap sehat, membantu kinerja otot, dan manfaat kesehatan lainnya. Karena alasan inilah harga air mineral cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan air putih biasa.

Hanya saja, bukan berarti air putih tidak lebih baik bagi kesehatan. Mengkonsumsi air putih biasa sudah bisa memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh kita sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi dengan cukup setiap hari.