Anyang-Anyangan Saat Buang Air Kecil

DokterSehat.Com – Beberapa gangguan dalam tubuh bisa dideteksi dengan merasakan atau melihat air seni kita. Penyakit yang paling mudah dicek melalui air seni biasanya adalah yang berkaitan dengan ginjal layaknya batu ginjal atau infeksi saluran kencing. Hanya saja, kadang kala kita merasa badan kita sehat-sehat saja namun saat buang air kecil justru terasa anyang anyangan atau rasa dimana pipis tidak tuntas. Apakah kondisi anyang-anyangan ini juga termasuk penanda ada masalah dengan kesehatan tubuh?

doktersehat-sakit-perut

Masalah anyang-anyangan saat buang air kecil ternyata disebabkan adanya gangguan pada saluran uretra atau saluran kencing. Bakteri E coli yang biasanya berada di area dubur ternyata bisa memasuki saluran kencing sehingga membuat area ginjal dan saluran kencing terinfeksi sehingga kita merasakan anyang-anyangan. Rasa anyang-anyangan sendiri bisa didefinisikan sebagai adanya perasaan untuk buang air kecil terus-menerus, dan andai sudah dilakukan pun ternyata hanya bisa dilakukan sedikit demi sediki. Jika infeksi sudah cukup parah, buang air kecil juga bisa terasa perih dan bahkan rasa perih ini bisa merambat di area dubur. Bau urin yang menyengat dan jika di kaum wanita merasakan nyeri pada area panggul, maka kondisi anyang-anyangan ini bisa memicu badan yang terasa lelah dan juga demam.

Kaum wanita ternyata memiliki resiko mendapatkan anyang-anyangan lebih besar daripada kaum laki-laki mengingat salura kencingnya yang cenderung pendek dan lebih dekat dengan dubur. Disamping itu, penggunaan alat kontrasepsi juga bisa memicu rasa anyang-anyangan ini.

Kita sendiri bisa mencegah anyang-anyangan dengan cara mengkonsumsi air yang berkualitas baik, khususnya air putih yang telah masak. Minuman berasa dan berwarna layaknya minuman ringan yang cenderung asam, minuman beralkohol, atau bahkan minuman berkafein sebaiknya tidak dikonsumsi sering-sering. Banyaknya meminum air putih ternyata berpengaruh untuk mengeluarkan bakteri yang bisa saja menginfeksi saluran kencing. Disamping itu, kita juga harus rajin-rajin membersihkan alat kelamin setelah buang air besar maupun buang air kecil dari depan ke belakang sehingga bakteri pun tidak akan mudah hidup di area tersebut sehingga resiko mendapatkan anyang-anyangan pun semakin berkurang.

Baca Juga:  Awas, Kebiasaan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Miss V