Anus Kerap Gatal? Waspadai Penyakit Ini

kentut-doktersehat
Photo Credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Banyak orang yang menganggap remeh gatal-gatal yang muncul pada anus. Sebagian bahkan menjadikannya bahan candaan karena menganggap penderitanya terkena masalah cacing kremi. Padahal, menurut pakar kesehatan, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kanker anus.

Dilansir dari Express, kanker anus masih sejenis dari kanker usus besar namun cenderung lebih jarang terjadi. Namun, di Inggris setidaknya ada 1.200 orang yang mengidap penyakit ini setiap tahunnya. Penyebab dari kanker anus masih belum diketahui, namun, pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini terkait dengan human papilloma virus (HPV).

Tak hanya gatal-gatal, gejala dari kanker anus juga bisa berupa munculnya wasir. Hanya saja, gejala yang paling kentara adalah rasa gatal yang konstan dan terus terjadi.

Yayasan amal Macmillan Cancer Support menyebutkan bahwa 1 dari 5 penderita kanker anus tidak mengalami gejala apapun meskipun kebanyakan dari mereka mengalami rasa nyeri, tidak nyaman, dan gatal-gatal pada bagian anus. Yang menjadi masalah adalah, gejala-gejala ini kerap kali dianggap sebagai tanda dari masalah kesehatan lainnya, bukan karena kanker anus.

Melihat adanya kemungkinan dari masalah kanker anus ini, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk tidak menyepelekan rasa gatal pada anus dan segera memeriksakan gejala ini ke dokter.  Selain itu, waspad jika kita juga mengalami pendarahan atau mengalami kemunculan lendir yang tidak biasa pada anus.

Menurut pakar kesehatan, para perokok adalah yang paling memungkinkan untuk mengalami kanker anus. Selain itu, mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang buruk dan kerap melakukan seks anal juga rentan untuk terkena masalah kesehatan ini.

Pasien kanker anus cenderung memiliki harapan hidup yang tinggi meskipun setiap tahunnya 300 pasien kanker ini dari Inggris meninggal dunia.

Sobat Sehat sedang tidak sering merasakan sensasi gatal pada anus kan?