Dehidrasi pada Dewasa – Antisipasi Asupan Cairan dan Prognosis

Antisipasi kebutuhan akan asupan cairan yang meningkat merupakan kunci untuk mencegah dehidrasi.

doktersehat-minum-air-cegah-hipertensi

  • Rencanakan ke depan dan nikmati minuman elektrolit dan bawa botol air untuk semua acara di luar ruangan dan area kerja dimana keringat meningkat, aktivitas, dan tekanan panas kemungkinan akan meningkatkan kehilangan cairan seseorang. Dorong atlet dan pekerja outdoor untuk mengganti cairan pada tingkat yang sama dengan kerugiannya dengan cara rajin minum, jangan menunggu haus.
  • Hindari olahraga dan pajanan panas selama indeks panas tinggi (suhu udara tinggi dengan kelembaban tinggi) hari. Dengarkan ramalan cuaca untuk hari dimana terjadi panas tinggi, dan rencanakan aktivitas luar pada saat suhu lebih dingin, biasanya di pagi hari dini dan setelah matahari terbenam.
  • Pastikan bahwa lansia dan bayi serta anak-anak cukup air minum dan cairan yang mengandung elektrolit yang tersedia, dan bantu mereka jika perlu. Pastikan bahwa orang yang tidak mampu atau orang yang terganggu dianjurkan untuk minum dan diberi cairan yang memadai.
  • Hindari konsumsi alkohol, terutama bila sangat panas, karena alkohol meningkatkan kehilangan air dan mengganggu kemampuan seseorang untuk merasakan tanda awal yang terkait dengan dehidrasi.
  • Orang harus memakai pakaian berwarna terang dan longgar jika harus berada di luar rumah saat sedang panas di luar. Membawa kipas pribadi atau mister untuk mendinginkan tubuh sehingga kurang cairan hilang karena berkeringat.
  • Batasi waktu seseorang terkena suhu panas. Temukan daerah ber-AC atau teduh dan biarkan tubuh dingin di antara eksposur. Mengambil seseorang ke daerah yang didinginkan bahkan beberapa jam setiap hari akan membantu mencegah efek kumulatif dari paparan panas tinggi.

Universitas Clemson telah mengembangkan rekomendasi untuk asupan cairan saat seseorang perlu menjalani aktivitas di luar dalam cuaca panas:

  • Minumlah sejumlah cairan berikut saat berolahraga dengan ketat atau dalam cuaca sangat panas:
  • Dua selama dua jam sebelum berolahraga 1 sampai 2 gelas dalam waktu 15 menit dari aktivitas
  • Satu setengah sampai 1 cangkir setiap 15 sampai 20 menit selama latihan (Satu cairan seteguk satu sama dengan 1 ons, dan 8 ons sama dengan 1 cangkir.)
  • Minum 3 gelas untuk setiap 2 kg berat badan yang hilang.
  • Dehidrasi dapat dicegah dengan tetap terhidrasi dengan baik.
Baca Juga:  Dehidrasi pada Dewasa - Penyebab dan Gejala

Prognosis dehidrasi pada dewasa
Bila dehidrasi diobati dan penyebab utamanya teridentifikasi, kebanyakan orang akan pulih dengan normal. Dehidrasi yang disebabkan oleh paparan panas, terlalu banyak olahraga, atau penurunan asupan air pada umumnya mudah ditangani, dan hasilnya biasanya sangat baik. Namun, prognosisnya memburuk saat tingkat keparahan dehidrasi meningkat dan juga tergantung pada seberapa baik penyebab yang mendasarinya merespons pengobatan yang tepat.

Dehidrasi pada Dewasa: 1 2 3 4 5 6 7