Kekuataan Anti Penuaan pada Mentimun untuk Kulit

DokterSehat.Com– Anda pasti sudah biasa mengetahui bagaimana mentimun sering digunakan untuk meredakan lingkaran hitam di sekitar mata, atau digunakan sebagai masker wajah. Bahkan, mentimun memang sudah dikenal sejak zaman dulu sebagai tanaman yang ampuh untuk perawatan kulit.

Mentimun juga memiliki manfaat luar biasa sebagai antioksidan. Sayuran ini kaya vitamin C, suatu antioksidan alami yang dapat mengencangkan, mencerahkan dan mendorong pergantian sel serta pertumbuhan kolagen. Tidak hanya itu saja, vitamin C juga mampu menjegah photodamage atau kerusakan kulit akibat sinar UV yang dipancarkan matahari.

Mentimun juga mengandung quercentin, suatu antioksidan kuat yang sering kali dikelompokkan sebagai salah satu superfood. Quercentin akan melawan radikal bebas yang memicu penuaan dan mendorong imunitas tubuh serta kesehatan jantung. Sayuran ini juga berfungsi sebagai anti-inflamasi yang menghilangkan kemerahan dan iritasi pada kulit serta melawan jerawat dan membantu menyembuhkan bekas luka.

Antioksidan lain yang terdapat pada mentimun adalah vitamin A yang menghasilkan kolagen, mengurangi keriput, garis-garis halus, serta melawan jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Mentimun juga kaya akan vitamin B-1 atau yang juga disebut sebagai thiamine. Vitamin B-1 merupakan antioksidan kuat yang bekerja bersama dengan vitamin B lainnya. Anda juga akan menemukan vitamin K, vitamin B-5 serta vitamin B-12 yang penting untuk mendorong perbaikan sel, penyembuhan, dan banyak lagi.

Alasan lain mengapa Anda perlu mencoba perawatan menggunakan mentimun adalah karena sayur ini kaya kandungan air. 96% kandungan air yang terkandung di dalamnya ditambah dengan banyaknya antioksidan membuat sayur ini penting menjadi sahabat kulit Anda. Kulit yang terhidrasi akan terhindar dari masalah seperti kulit kering dan pecah-pecah. Jadi kulit tetap terlihat kenyal dan muda.