informasi kesehatan


Angin Duduk

Ada sebuah artikel menarik mengenai angin duduk yang dialami salah satu rekan kerja saya yang mungkin juga bisa memberikan masukan mengenai “Angin Duduk” salah satu penyakit yang banyak membawa kematian, tapi apa sebenarnya angin duduk itu? Well ga ada salah nya kita coba menyimak artikel berikut:

Kemarin ada seorang teman dikantor yang meninggal di usia yang ke-31 dengan status single. Menurut dokter-dokter yang turut melayat,kemungkinan penyebabnya adalah angin duduk, karena pagi harinya dia masih masuk kantor, walaupun pada saat jam istirahat minta ijin pulang karena kepalanya pusing. Kebetulan ybs tidur sekamar dengan kakak perempuannya yang juga bekerja di kantor yang sama,dan masih sempat terbangun karena adiknya menanyakan minyak kayu putih sekitar setengah 12 malam, lalu paginya waktu dibangunkan pagi hari untuk berangkat ke kantor, ternyata sang adik sudah meninggal dengan posisi tidur dengan wajah sedikit menahan rasa sakit, dan kebiruan sekitar leher. Atas dasar itulah saya informasikan sedikit mengenai angin duduk atau nama kerennya Sindrom Jantung Koroner Akut.

Angin Duduk sama dengan Sindrom Jantung Koroner Akut Hanya dalam 15 menit sampai 30 menit, orang yang terserang angin duduk bisa meninggal.Padahal, penderita, sebelumnya terlihat sehat-sehat saja. Dunia kedokteran selama dua tahun terakhir berhasil mengidentifikasi istilah baru penyakit jantung yang akrab d isebut angin duduk. Ternyata, penyakit ini tak sekedar masuk angin berat, tetapi identik dengan Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA).

Teridentifikasinya istilah ini, menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof DR dr Teguh Santoso.SpPD, di Jakarta, pekan lalu. Menandai sebuah koreksi besar terhadap mitos yang berkembang di masyarakat selama ini. Bahwa masuk angin hebat itu adalah penyakit yang berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit sejak serangan pertama.

Jadi kata Teguh lagi, jika Anda tiba-tiba merasa nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun termasuk berhubungan seks. Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan Gawat darurat jantung. Ingat!. Tidak boleh lebih dari 15 menit setelah serangan nyeri pertama. Sindrom serangan jantung koroner akut merupakan penemuan terbaru akhir banyak disikapi masyarakat dengan tindakan yang salah. Misalnya, penderita dikerok, diberi minuman air panas, atau diberi ramu-ramuan untuk mengeluarkan angin. Padahal, penderita bisa meninggal mendadak tanpa ada tanda-tanda sakit.

Gejalanya:

Muncul keluhan nyeri ditengah dada, seperti:

  • Rasa ditekan
  • Rasa diremas-remas, menjalar ke leher,lengan kiri dan kanan, serta ulu hati.
  • Rasa terbakar dengan sesak napas dan keringat dingin.

Keluhan nyeri ini bisa merambat ke kedua rahang gigi kanan atau kiri, bahu,serta punggung. Lebih spesifik, ada juga yang disertai kembung pada ulu hati seperti masuk angin atau maag.

Sumber masalah sesungguhnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi).

Penyempitan ini diakibatkan oleh empat hal :

  1. Adanya timbunan-lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol tinggi.
  2. sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus).
  3. Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat kejang yang terus menerus.
  4. Infeksi pada pembuluh darah. Penyempitan itu, lanjutnya lagi, mengakibatkan berkurangnya oksigen yang masuk ke dalam jantung.

Ketidak-seimbangan pasokan dengan kebutuhan oksigen pada tubuh mengakibatkan nyeri dada yang dalam istilah medisnya disebut angina.Namun kata Teguh,hendaknya dibedakan antara keluhan nyeri pada sindrom serangan jantung koroner akut (SSJKA) dengan serangan jantung koroner (SJK) (infark miokard).

Pada SJK, angina terjadi akibat sumbatan total pembuluh darah jantung karena aktivitas fisik yang berlebihan. Sementara pada SSJKA angina terjadi akibat sumbatan tidak total yang dirasakan saat istirahat.

“SSJKA ini memang mendadak.Bukan karena capek, masuk angin, atau penyakit-penyakit lainnya. Biasanya penderita akan meninggal paling lama lima belas menit setelah keluhan rasa nyeri pertama kali dirasakan”.Kata Teguh.

Masyarakat diminta waspada terhadap keluhan angina ini. Soalnya penderita sebelum terserang akan tampak sehat-sehat. Solusi satu- satunya hanyalah melonggarkan sumbatan yang terjadi, yaitu dengan memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan. Atau, obat untuk mengantisipasi ketidak-seimbangan supply oksigen dan kebutuhan oksigen. Misalnya nitrat, betabloker, dan kalsium antagonis.

Di tempat terpisah, ahli jantung RS Jantung Harapan Kita dr. Santoso Karo-Karo MPH, SpJp mengungkapkan kondisi rumah sakit di Indonesia tidak terlalu bisa diharapkan untuk pengobatan SSJKA. Rumah sakit terkesan lambat menangani pasien.Untuk itu ia menyarankan agar penderita yang sudah tahu bahwa dirinya memiliki gangguan jantung sebaiknya membawa tablet antiplatelet ke manapun ia pergi. Obat antiplatelet yang paling murah dan gampang di cari adalah aspirin. Obat ini selain bermanfaat sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri dan melonggarkan kembali pembuluh darah yang tersumbat oleh thrombosit atau platelet (sel pembeku darah).

Dokter Sehat

pf button both Angin Duduk
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

137 Responses to “Angin Duduk”

  1. lenny sofian says:

    Informasi yg sgt berguna..tengkyuuu…

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

  2. Kangzusi says:

    @wahyono jagad

    Sayah biasa bawa Aspilet atau ascardia
    atau juga cardio aspirin
    tidak dijual bebas tetapi banyak apotik kalau disebut aspilet mereka biasanya bersedia menjualnya
    kelemahan aspilet bagi penderita asam lambung disarankan menggunakan ascardia

    sayah penderita jantung koroner daan sudah pasang ring 3 buah

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Salam Sejahtera,
      Memang Ada baiknya selalu menyiapkan obat yang dapat dipakai dalam keadaan darurat Dan beritahukan juga kepada orang terdekat dimana anda menyimpan obat tersebut.
      Selain itu pemeriksaan kesehatan secara rutin juga diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan kita,
      Trims :)

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  3. Saya sudah beberapa kali terkena masalah ini, dan sebenarnya na’udzubillah saya tidak ingin kembali terulang, dan tipsnya adalah minta bantuan orang yang lain untuk masak air yang panas sampai mendidih juga boleh, kemudian tuang dalam ember plastik, taruh diatas bagian yang terasa sakit biasanya terlebih dulu di ulu ati kemudian merambat ke dada, kalau tidak bisa tahan dengan panas boleh dilapisi perasan kain atau handuk kecil dengan air panas tsb, usahakan tetap tenang sambil berdoa, boleh juga ditambahkan minyak kapak dioleskan ke bagian seluruh perut sampai dada, dan alhamdulillah saya masih bisa berkomentar hingga saat ini, dan sekali lagi mudah2an hal ini tidak terjadi lagi dan pada siapapun, amin, semoga bermanfaat

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Salam Sejahtera,
      Ada baiknya bapak periksakan ke dokter, mengingat Hal ini Sudah sering terjadi pada bapak. Karena bila didiamkan dikhawatirkan Hal ini Akan terulang kembali. Dan hanya dalam waktu singkat Penyakit ini bisa menyebabkan kematian.
      Semoga bermanfaat. Trims :)

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. SariHotan says:

    Benar sekali tu mas. bahkan saya harus menempelkan dada ato ulu ati saya ke silinderroot bulldoser yg sy operasikan. karna sy bekerja di pertambangan sebagai operator doser. dan mmg beberapa mnt kemudian bru terasalega. dan derita ini audahlm sy alami hinggasekarang blm sembuh..mohon solusinya bagi saudara2 yg pwrnah mengalami. terima kasih. salam aehat

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Salam Sejahtera,
      Ada baiknya bapak periksakan ke dokter, mengingat Hal ini Sudah sering terjadi pada bapak. Karena bila didiamkan dikhawatirkan Hal ini Akan terulang kembali. Dan hanya dalam waktu singkat Penyakit ini bisa menyebabkan kematian.
      Menempelkan dada ke benda panas mungkin dianggap bisa membantu namun perlu diketahui bahwa benda panas dapat menimbulkan luka bakar pada kulit Dan malah Akan menambah masalah baru.
      Semoga bermanfaat. Trims :)

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Wiwik amor says:

    DOK sy mau tny..penanganan apa yg tepat dan cepat tul org yg trkna serangan agn duduk

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Salam Sejahtera,
      Pada artikel diatas telah DIsebutkan mengenai penanganannya, segera bawa ke rumah Sakit atau minimal minum obat anti platelet terlebih dahulu. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

      • gita says:

        Dok saya mau tnya, mama saya ad hipertensi’y , asam urat n kolestrol tp mama saya mau minum obat dok. Dy cm minum herbal sprti daun salam n’sere direbus sm daun sirsak di rebus , memang bagus dok cpt unk nurunin hipertensi’y . Tp dok klo udh salah makan dkit lsng cpt kambuh lg,kpla’y pusiing smpe bdn’y anget dan bs2 leher’y ga bs nengok sngkin pusiing’y dok. Jd yg mama saya rasa in kpla blakang’y pusiing , kaki n’ tangan suka bengkak , mataa suka rabun, tlapak kaki suka kesemutan gtu. It knp yh dok??

        Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Salam Sejahtera,
          Maksud ibu mamanya Mau minum obat atau tidak?
          Apakah minum obat herbal tersebut tetap tensi, asam urut, Dan kolesterolnya dicek? Dari mana anda mengetahui Ada perbaikan?
          Maksud anda salah makan apa sehingga menyebabkan keluhan tersebut?
          Dalam Hal ini, diperlukan pemeriksaan fisik pada ibu anda, dikhawatirkan ibu anda mengalami vertigo, polineuropati, Dan terburuknya gejala stroke.
          Sebaiknya periksakan ke dokter segera. Dan bujuk ibu anda untuk minum obat secara teratur. Trims

          Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. gita says:

    Dok saya mau tnya, mama saya ad hipertensi’y , asam urat n kolestrol tp mama saya mau minum obat dok. Dy cm minum herbal sprti daun salam n’sere direbus sm daun sirsak di rebus , memang bagus dok cpt unk nurunin hipertensi’y . Tp dok klo udh salah makan dkit lsng cpt kambuh lg,kpla’y pusiing smpe bdn’y anget dan bs2 leher’y ga bs nengok sngkin pusiing’y dok. Jd yg mama saya rasa in kpla blakang’y pusiing , kaki n’ tangan suka bengkak , mataa suka rabun, tlapak kaki suka kesemutan gtu. It knp yh dok??

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Salam Sejahtera,
      Maksud ibu mamanya Mau minum obat atau tidak?
      Apakah minum obat herbal tersebut tetap tensi, asam urut, Dan kolesterolnya dicek? Dari mana anda mengetahui Ada perbaikan?
      Maksud anda salah makan apa sehingga menyebabkan keluhan tersebut?
      Dalam Hal ini, diperlukan pemeriksaan fisik pada ibu anda, dikhawatirkan ibu anda mengalami vertigo, polineuropati, Dan terburuknya gejala stroke.
      Sebaiknya periksakan ke dokter segera. Dan bujuk ibu anda untuk minum obat secara teratur. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Desi says:

    Dok, apakah bisa dideteksi sejak dini dengan pemeriksaan kesehatan jantung?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. ibu hamil says:

    Terima kasih informasinya, terusterang saya sangat membutuhkan informasi seperti ini. untuk berjaga-jaga dan bisa langsung membuat tidakan yang tepat.. sebab orang tua saya saat ini memasuki masa resiko untuk mengalami hal seperti ini.
    terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. agoes says:

    Terima kasih untuk info ny ini ilmu yg sangat berguna bagi saya ..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. yumant says:

    terimakasih atas infonya, ini berguna untuk saya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. eka says:

    Dok mau tanya klo kena angin duduk tp kita lg hamil,ngobatin’y gmn?kan ga mungkn sembarangan mnm obat.klo k RS jg ga mngkn cpt2 d tangani apalagi RS d cianjur terll lelet lom lg RS d’sini perawat’y lom pd ngerti.apa yg hrs d lakukan biar ga bahaya?
    Mksh…

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Apakah Ada keluhan Yg anda rasakan saat Ini? Untuk wanita Hamil memang tidak boleh sembarangan minum obat, apalagi anti platelet. Bila Ada keluhan Yg bisa dilakukan hanya segera ke rumah sakit terdekat atau bila memang Ada keluhan sejak Sekarang segera periksakan ke dokter spesialis kandungan anda.
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. Cinsa andrianto says:

    Terima kasih..untuk informasi ini..semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. Amrin syahputra says:

    Salam dok

    saya mau tanya nih. Sudah 2 malam terakhir ini saya merasakan sakit di lambung diatasi pusar. Perut agak keras dan di tekan terasa sakit sampai punggung bagian belakang. Pergelangan kiri sedikit ngilu. Apakah ini gejala angin duduk?

    Kalau boleh tau apasaja sich makanan yang bisa membuat angin duduk semakin parah dan apa saja makanan yang dianjurkan untuk penyakit angin duduk?

    Terimalah atas saran sebelumnya. Dan sangat menambah pengetahuan saya tentang penyakit

    salam
    Amrin. S

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Angin duduk biasanya terjadi sangat singkat Dan mendadak. Untuk kasus anda kemungkinan bukan angin duduk. Namun sebaiknya anda periksakan langsung ke dokter.
      Untuk pantangan makanan, kurangi makanan berlemak, daging2 Yg berwarna merah seperti kambing, Sapi.goreng2an, santan, Dan jangan lupa Olah raga secara teratur. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. baho-punya says:

    waaah, sangat membahayakan sekali penyakit angin duduk ini yaa, dalam hitungan menit si penderita bisa lewat

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. indah says:

    Saat ini saya merasakan semua gejala” anginduduk, kecuali nyeri pada gusi kiri ato kanan. Yang saya tanyakan… apakah benar saya mengalami angin duduk? Krn kejadian terasa kejang di tengah dada saya terjadi sehari yg lalu.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kim sarankan anda untuk memeriksakan langsung ke dokter spesialis jantung Karena sulit kami katakan iya atau bukan anda mengalami gejala2 angin duduk tanpa memeriksa langsung. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. Informasi yg sangat penting bg masyarakat awam yg tdak mengerti ttng Penyakit&kesehatan , dng adany penghimbauan Pemberitahuan sperti tulisan d atas msyarakan akan lbh mengerti cr penolongan dan jenis penyakit apakah yg d derita oleh si penderita, Trmksh

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. Terima kasih atas tulisannya yang sangat berharga ini..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  18. nova linda says:

    Dok sy udah sering terkena serangan nyeri dada,sep.ditekan benda keras,dada berdebar kuat,tenggorokn terasa kecekek,susah ngomong,sep.setengah sadar trus keringt dingin 2 kali diopname pas kejadian tapi dokternya tdk tau penyakit sy apa..selanjutnya sy tdk mau dibawa ke dokter lagi,klau serangan itu dtng sy berusaha tarik napas dalam2 trus buang..diulang2 sampai agak lega baru minum obat yg sy tanyakn apakah penambahan berat badan berpengaruh sama masalah ini..?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  19. Dok,baru 2 hari yg lalu saya terkena serangan mendadak semacam ini,jam 6 pagi saya terbangun karena rasa nyeri yg hebat disekitar pinggang sebelah kiri,disertai susah bernapas dan air keringat yg bercucuran deras… beberapa kali saya hampir tak sadarkan diri,tapi saya selalu berusaha utk tetap sadar dana menenangkan diri sendiri,sampai akirnya saya ditolong oleh tetangga yg mendengar teriakan minta tolong saya,lalu saat itu jg saya diurut sampai saya sendawa terus menerus dan (maaf)muntah air… sebagai catatan kencing saya normal tdk sakit,sebelum tidur saya dalam kondisi sehat,tdk punya catatan penyakit dalam maupun jantung,apa yg terjadi dengan saya ya dok?sampai hr ini sy blm ke dokter karena sudah berangsur sembuh…

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      sulit kami katakan apa yg terjadi pada anda tanpa pemeriksaan. kami sarankan jangan anggap remeh keluhan anda, segera periksakan ke dokter terdekat. trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Angin Duduk Tidak Sekedar Duduk | ini dan itu - [...] disadur dari > milist himamasta, en.wikipedia, id.wikipedia, angin duduk jangan dipijat, salah kaprah, dokter sehat. [...]
  2. Pertolongan pertama pada angin duduk | Visions of A Iboy - [...] 2. http://doktersehat.com [...]
  3. Angin Duduk « STOP !!!! wait ENJOY - [...] sumber : http://doktersehat.com/2007/01/02/angin-duduk/#ixzz10AnVpVJ1 [...]
  4. apa sih angind duduk? « Agues darmawan's Blog - [...] sumber : http://doktersehat.com/2007/01/02/angin-duduk/ [...]
  5. angin duduk | Gumilar07's Blog - [...] pembuluh darah yang tersumbat oleh thrombosit atau platelet (sel pembeku darah). Read more: http://doktersehat.com/2007/01/02/angin-duduk/#ixzz14suOrG5z This entry …
  6. Angin Duduk alias Angina « Ilma-Krisna - [...] [1] http://doktersehat.com/2007/01/02/angin-duduk/#ixzz1MV1e0Sf2 [...]
  7. Begadang,, Mandi,, Mati,, haahh?? | Enjoy Your Life Chingu Yaa….. - [...] juga sih Okay, sekian dan terima kasih lain lain bisa kalian lihat disini begadang, disini, disini, …
  8. Angina Pectoris « Cerita Nadya.. - [...] Dokter Sehat, Kaskus Share this:TwitterFacebookLinkedInGoogle +1TumblrPinterestEmailLike this:LikeBe the first [...]
  9. Angin Duduk | Informasi Pilihan - [...] Sumber [...]
  10. Sindrom “Angin Duduk” | Subroto Yang - [...] Sumber: http://doktersehat.com/angin-duduk/ [...]
  11. Sindrom “Angin Duduk” | dsperdana™ - [...] Sumber: http://doktersehat.com/angin-duduk/ [...]
  12. Gejala, Ciri-Ciri dan Penyebab Penyakit Angin Duduk | Just My Hobby - […] Source […]
  13. Angin Duduk | Nur H Fatonah - […]   […]
  14. Sindrom “Angin Duduk” | Andareas Book - […] Gambar. Sindrom Angin Duduk(Sumber: http://doktersehat.com/angin-duduk/) […]
  15. Cara Mengatasi Angin Duduk | Caramanfaat.net - […] Angin Duduk | Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan ... […]
  16. Angin Duduk | :: My life - My Adventure :: - […] Diambil dari : http://doktersehat.com/angin-duduk/#ixzz2zUR2pOtE […]