Angin Duduk, Sepele tetapi Mematikan

DokterSehat.Com – Banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat mengenai angin duduk yang masih diragukan keabsahannya. Terkadang disebutkan penyebab angin duduk dikaitkan dengan hal mistis karena menyerang secara tiba-tiba yang tidak masuk logika modern saat ini. Masih banyak masyarakat saat ini belum mengerti apa sebenarnya angin duduk itu sehingga sangat sering disalah artikan.

doktersehat-wanita-sakit-dada-nyeri

Angin duduk sebenarnya merupakan salah satu penyakit jantung yang terjadi secara tiba-tiba. Penyakit ini kadang disebut angin duduk karena penyakit ini menyerang seseorang saat sedang duduk istirahat dan kadang konon katanya diprovokasi sebelumnya karena perut yang sedang kembung. Istilah ini tidak sepenuhnya salah karena serang jantung memang sering menyerang secara tiba-tiba dan saat istirahat. Serangan jantung ini dalam istilah medis disebut angina pectoris. Angina pectoris merupakan ketidak adekuatan jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh yang mengakibatkan ketidakseimbangan oksigen dan karbon dioksida. Oksigen sangat diperlukan didalam tubuh dalam metabolisme, namun saat gagal jantung oksigen dalam tubuh sangat berkurang dan karbondioksida meningkat.

Angina pectoris paling sering disebabkan oleh adanya sumbatan pada pembuluh darah jantung sehingga otot jantung tidak dapat nutrisi makanan sehingga bagian tersebut tidak maksimal dalam memompa darah. Sumbatan tersebut dapat berupa gumpalan lemak ataupun darah yang menggumpal. Gejala yang ditimbulkan oleh angin duduk sama persis dengan gejala gagal jantung seperti nyeri dada kiri menjalar ke lengan atau leher, sesak dan penurunan kesadaran. Terapi yang paling tepat apabila melihat orang dengan gejala angin duduk adalah pemberian nitrat (atas izin dokter) dan segera membawa pasien ke dokter atau ke IGD. Waktu emas yang paling baik untuk penyakit ini adalah kurang dari 3 jam. Dibutuhkan pemeriksaan rekam jantung, pemeriksaan enzim jantung serta pemeriksaan darah rutin untuk mengetahui sebab pasti bagian jantung mana yang rusak. Bahkan apabila ada bagian pembuluh jantung yang tersumbat maka diperlukan operasi untuk memasangan cincin akan tidak tersumbat.

Baca Juga:  Beban Berat Tas Bisa Memicu Cedera

Hal yang paling penting dari penyakit ini adalah menjaga pola hidup sehat dan menghindari faktor resiko yang ada. Pola hidup sehat yang perlu diperhatikan adalah olah raga teratur agar memiliki berat badan ideal, menghindari makanan tinggi kolesterol, rutin memeriksakan diri apabila memiliki riwayat penyakit gula ataupun darah tinggi serta konsultasi ke dokter apabila ada keluarga yang memiliki riwayat sakit jantung. Oleh karena itu, sayangi diri anda sebelum terlambat karena penyakit angin duduk dapat menyerang siapa saja.