Angin Duduk/ Angina – Pengobatan dengan Nitrogliserin

Cara menggunakan cepat-acting nitrogliserin adalah:

doktersehat-angin-duduk-angina

  • Duduk atau berbaring untuk mengkonsumsi nitrogliserin. Jika Anda menyetir, tepikan mobil dan parkir mobil Anda. Mengkonsumsi nitrogliserin dapat menurunkan tekanan darah Anda, yang dapat menyebabkan Anda pingsan jika Anda berdiri.
  • Untuk episode angina mendadak, menggunakan nitrogliserin dalam bentuk tablet atau semprotan cairan.
    • Letakkan di tablet bawah-lidah (tablet sublingual) di bawah lidah Anda. Biarkan tablet di sana sampai larut. Jika Anda secara tidak sengaja menelan tablet, konsumsilah lagi. Obat tidak akan bekerja jika tertelan.
    • Tempatkan tablet-pipi-dan-gusi (tablet bukal) antara pipi dan gusi. Biarkan di sana sampai larut. Jika Anda secara tidak sengaja menelan tablet, konsumsilah lagi. Obat tidak akan bekerja jika tertelan.
    • Gunakan semprotan di bawah lidah atau di atas lidah Anda. Dorong semprotan tombol tabung sekali. Tutup mulut Anda segera.
  • Ambil satu tablet atau dosis semprot. Jika setelah 5 menit gejala angina tidak lebih baik atau menjadi lebih buruk, telepon 119 atau layanan darurat lainnya segera.
  • Setelah Anda menelepon 119, ikuti apa yang diperintahkan operator kedaruratan. Dia akan memberikan petunjuk lebih lanjut.
  • Terlepas dari apa yang terjadi, Anda harus membiarkan dokter Anda tahu bahwa Anda memiliki episode angina. Jika hal ini tidak biasa untuk Anda, jika episode angina Anda terjadi lebih sering atau lebih lama, atau jika Anda membutuhkan lebih banyak obat-obatan untuk mengendalikan angina, beritahu dokter Anda. Laporkan setiap perubahan gejala angina Anda (angina tidak stabil) dengan dokter Anda.

Apakah ada efek samping atau interaksi dengan obat lain yang saya harus sadar?
Normal, efek samping sementara dari nitrogliserin meliputi perasaan hangat atau memerah, sakit kepala, pusing, atau sensasi melayang. Anda juga dapat merasakan sensasi terbakar di bawah lidah Anda.

Baca Juga:  Wanita Lebih Rentan Gangguan Mental Setelah Serangan Jantung

Jangan mengkonsumsi obat peningkat ereksi seperti obat sildenafil (Viagra), tadalafil (Cialis), atau vardenafil (Levitra) jika Anda mengkonsumsi nitrogliserin. Menggabungkan nitrogliserin dengan obat-obatan ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang mengancam jiwa. Jika Anda memiliki angina dan telah mengambil salah satu obat peningkat ereksi ini, pastikan untuk memberitahu dokter Anda sehingga Anda tidak diberikan nitrogliserin atau obat nitrat lain.

Jangan mengambil obat hipertensi paru sildenafil (Revatio) jika Anda mengkonsumsi nitrogliserin atau obat nitrat lain.