Angin Duduk/ Angina – Pengertian Nitrogliserin

Nitrogliserin adalah suatu obat vasodilator, yaitu obat yang membuka pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah menuju otot jantung. Nitrogliserin digunakan untuk mengobati gejala angina, seperti nyeri dada atau tekanan, yang terjadi ketika tidak ada cukup darah yang mengalir ke jantung. Untuk meningkatkan aliran darah ke jantung, nitrogliserin akan membuat arteri di jantung (arteri koroner) menjadi terbuka/dilatasi, sehingga gejala dapat diperbaiki dan mengurangi seberapa keras jantung harus bekerja.

doktersehat-angin-duduk-angina

Nitrogliserin datang dalam bentuk aksi-cepat dan bentuk aksi-lambat.

Bentuk nitrogliserin aksi-cepat digunakan untuk meredakan angina atau digunakan sebelum kegiatan yang biasanya menyebabkan angina. Bentuk cepat termasuk tablet atau semprotan oral. Tablet ditempatkan di bawah lidah (sublingual) atau antara pipi dan gusi (bukal). Semprot digunakan pada atau di bawah lidah. Topik ini mencakup bentuk-bentuk cepat bertindak nitrogliserin.

Bentuk nitrogliserin aksi-lambat digunakan untuk mencegah angina terjadi. Mereka tidak digunakan untuk menghentikan gejala angina yang biasanya berlangsung tiba-tiba. Bentuk-bentuk long-acting termasuk pil, tablet, salep kulit, dan patch kulit. Topik ini tidak mencakup macam-macam bentuk-bentuk nitrogliserin aksi-lambat.

Dokter akan meresepkan jumlah yang tepat untuk Anda. Jangan menggunakan nitrogliserin orang lain.

Kapan saya menggunakan nitrogliserin aksi-cepat?
Dokter Anda akan menyarankan menggunakan nitrogliserin. Secara umum, nitrogliserin bentuk-aksi-cepat digunakan untuk:

  • Untuk meredakan angina yang tiba-tiba terjadi.
  • Untuk mencegah ketika seseorang harus melakukan kegiatan yang dapat menyebabkan angina, seperti berjalan menanjak atau melakukan hubungan seksual.