Aneh, Mata Pria Ini Berubah Menjadi Biru

Photo Source: The New England Journal of Medicine

DokterSehat.Com– Bagi sebagian manusia, memiliki mata berwarna biru adalah hal yang normal. Namun, bagi pria ini, kondisi ini sangatlah tidak biasa karena bagian putih matanya berubah menjadi biru. Apa yang terjadi?

Photo Source: The New England Journal of Medicine

Dilansir dari Fox News, pria berusia 70 tahun yang tidak disebutkan namanya ini melihat matanya mengalami perubahan yang cukup aneh, yakni berubah menjadi biru sehingga memeriksakan kondisinya ke dokter. Pria ini juga mengaku tidak mengalami gejala nyeri atau pandangan yang buram. Hanya saja, Ia mengaku cukup khawatir saat melihat bagian putih matanya terus mengalami perubahan warna.

Dalam kasus yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul New England Journal of Medicine pada 18 April 2018 lalu ini, disebutkan bahwa setelah dokter melakukan pemeriksaan lebih lanjut, tidak terjadi masalah kesehatan apapun pada matanya. Hanya saja, setelah mengecek riwayat obat yang dikonsumsi oleh sang pria, ditemukanlah apa penyebab dari perubahan warna ini.

Sang pria ternyata mengonsumsi obat bernama minocycline dalam 15 tahun terakhir. Obat ini adalah sejenis antibiotik yang ditujukan untuk mengatasi infeksi bakteri dan memiliki efek anti peradangan. Khusus untuk kasus sang pria, Ia mengonsumsinya untuk mengatasi masalah peradangan nyeri sendi.

Konsumsi obat minocycline dalam jangka panjang ternyata bisa memicu perubahan warna pada kulit, telinga, kuku jari, gigi, gusi, jaringan bekas luka, dan bagian putih mata. Hal inilah yang terjadi pada pria ini.

Dokter yang menulis laporan dari kasus ini, Dr. Rony Sayegh dari Case Western Reserve University School of Medicine, Cleveland, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa Ia belum pernah menemui kasus perubahan warna mata karena konsumsi minocycline sebelumnya.

Ia pun menyarankan sang pria untuk berhenti mengonsumsi obat tersebut dan memberikan obat lain bernama methotrexate yang diharapkan bisa menghentikan perubahan warna pada matanya. Sayangnya, setelah beberapa waktu, mata sang pria tetap saja berwarna biru.

Berhati-hatilah saat minum obat dan selalu cek efek sampingnya ya, Sobat Sehat?