Aneh, Kuku Berukuran Sangat Kecil Tumbuh di Atas Kuku Jari Pria Ini

DokterSehat.Com– Sebuah kasus yang cukup aneh terjadi di Pakistan. Seorang pria yang tidak disebutkan namanya mengalami pertumbuhan kuku ganda pada jari tengah tangannya. Tak hanya membuat jarinya terlihat aneh, Ia juga mengalai sensasi nyeri gara-gara tumbuhnya kuku tambahan yang lebih mirip seperti cakar berukuran kecil ini.



Photo Source: Daily Mail/ International Journal of Surgery Open

Dilansir dari Daily Mail, dr. Muhammad Afzal Randhawa dari Bahawal Victoria Hospital, Pakistan, menceritakan kasus yang menimpa pasiennya ini. Menurut dr. Randhawa, pria ini mengeluhkan rasa sakit pada jari tangannya. Ia kemudian keheranan saat melihat semacam kuku atau cakar berukuran kecil tumbuh di atas kuku jari tengahnya.

Pria ini pun kemudian memeriksakan kondisi ini ke dr. Randhawa karena khawatir jika kuku tambahan ini adalah gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius. Ia mengaku tidak pernah mengalami trauma atau infeksi apapun. Setelah diperiksa, kuku ini diketahui terbuat dari keratin dan juga berasal dari bakal kuku yang sama pada jarinya.

Kuku dengan ukuran kurang dari 1 cm ini kemudian dibuang dengan operasi kecil yang membuat jari tangan sang pria mati rasa untuk sementara. Setelahnya, kuku tambahan ini langsung dicek di laboratorium. Hasilnya adalah, kuku ini sama dengan kuku biasa pada jari kita.

Pakar kesehatan dari University of Bern, Swiss, berkata bahwa meskipun dalam literatur medis baru ditemukan 4 kasus kuku ganda di seluruh dunia, sebenarnya kasus ini cukup banyak terjadi di berbagai negara. Hanya saja, kebanyakan orang malas untuk memeriksakannya karena menganggapnya tidak berbahaya.

Meskipun hanya kuku biasa, tapi sepertinya cukup menakutkan juga kalau memiliki kuku ganda ya? Apalagi kondisi ini bisa memicu rasa nyeri.