Aneh, Bayi Ini Terlahir Sudah Punya Gigi

DokterSehat.Com– Normalnya, bayi akan terlahir dengan kondisi ompong atau tidak memiliki gigi. Kondisi ini bahkan bisa terus berlangsung hingga bayi berusia beberapa bulan atau menjelang ulang tahun pertamanya. Namun, di India, seorang bayi ternyata terlahir dengan kondisi sudah memiliki 7 buah gigi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-bayi-lahir

Bayi ini terlahir pada tanggal 30 Juni 2017 lalu di wilayah India Barat dan dinamai Prayan Sharma. Yang unik adalah, kedua orang tuanya, Harish Sharma dan Nikita Sharma, tidak menyadari kondisi ini hingga usia sang buah hati mencapai 10 hari. Hal ini disebabkan oleh sang bayi yang langsung dilarikan ke ruang ICU di rumah sakit karena terkena infeksi sehingga mereka tidak sempat menyusui atau melakukan hal lain sebagaimana orang tua pada umumnya. Saat akhirnya sang bayi dikeluarkan dari ICU dan dicoba untuk menyusui inilah mereka baru sadar jika ada yang aneh pada mulut Prayan.

Tatkala dicek, betapa terkejutnya Harish dan Nikita saat melihat sang bayi ternyata sudah memiliki 7 buah gigi. Saat bertanya pada petugas medis, mereka juga kebingungan melihat kasus ini dan menganggapnya sebagai bayi pertama yang terlahir dengan 7 buah gigi di dunia.

Pakar kesehatan gigi anak bernama Dr. Meet Ramatri menyebutkan bahwa beliau juga sama sekali belum pernah melihat kasus seperti ini. Namun, satu hal yang pasti, gigi-gigi ini harus segera diangkat karena ada resiko bayi menelan atau tersedak oleh gigi tersebut. Akhirnya, dr. Meet dan timnya pun melakukan dua sesi operasi untuk mengangkat semua gigi dari mulut Prayan.

National Institute of Health dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa bayi yang terlahir dengan kondisi memiliki gigi disebut sebagai natal teeth. Kondisi ini bisa terjadi pada 1 dari 3.000 kelahiran di seluruh dunia. Hanya saja, normalnya gigi ini hanya berjumlah 1 atau 2, bukannya 7 seperti yang dimiliki oleh Prayan.