Andai Kurang Tidur, Apakah Kita Tetap Harus Berolahraga Pagi?

DokterSehat.Com – Selain mengatur pola makan yang sehat, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar setiap hari kita juga harus mendapatkan waktu tidur yang cukup serta rutin melakukan olahraga. Sayangnya, bagi banyak orang dewasa, mendapatkan waktu tidur yang cukup dan melakukan olahraga seringkali menjadi hal yang sangat sulit dilakukan. Kesibukan harian membuat banyak orang sulit untuk tidur setidaknya tujuh jam setiap hari dan bahkan, banyak dari kita yang sudah harus menghabiskan waktu di jalan di pagi hari. Sebuah pertanyaan pun muncul, andai kita kurang tidur namun memiliki kebiasaan untuk berolahraga di pagi hari, apakah kita harus tetap berolahraga atau justru melanjutkan tidur kita agar mendapatkan waktu tidur yang cukup?

doktersehat-lari-jogging-olahraga

Pakar olahraga dari New York bernama Anna Kaiser menyebutkan jika andai dirinya mengalami kurang tidur dan harus memilih antara melanjutkan tidur atau berolahraga, maka Ia akan memilih untuk terus tidur dan beristirahat. Menurut dia, meskipun olahraga penting untuk dilakukan, mendapatkan waktu tidur yang cukup jauh lebih penting bagi kesehatan tubuh. Jadi, andai Ia hanya mendapatkan waktu tidur 5 hingga 6 jam saja di malam hari, Ia akan memilih untuk bangun lebih siang dan tidak melakukan olahraga sehingga saat bangun, Ia akan merasa lebih baik dan bugar.

Pakar kesehatan dari University of Pittsburgh bernama Christopher Kline juga menunjukkan jawaban yang serupa. Menurut beliau, Ia akan lebih memprioritaskan waktu tidur tujuh hingga delapan jam setiap hari alih-alih harus mengorbankan waktu tidur demi berolahraga di pagi hari. Menurut beliau, dengan waktu tidur yang cukup, kesehatan jantung akan terjaga jauh lebih baik. Memang, idealnya kita mendapatkan waktu tidur yang cukup, yakni tujuh hingga delapan jam, dan saat bangun kita bisa melakukan olahraga meskipun hanya beberapa puluh menit saja. Namun, kehidupan modern sepertinya sulit untuk mendapatkan semua itu sehingga ada baiknya kita melanjutkan tidur saja. Toh, kini kita juga bisa melakukan olahraga di waktu lain, khususnya di pusat kebugaran yang bahkan bisa dilakukan di malam hari.