Anda Wanita dan Mudah Sekali Lelah? Ini Bisa Jadi Penyebabnya

DokterSehat.Com – Mengalami rasa lelah bisa dikatakan merupakan hal yang wajar setelah menjalani serangkaian kegiatan dalam sehari. Namun jika rasa lelah mudah sekali datang meskipun tidak melakukan banyak hal perlulah dicurigai dan dicari penyebabnya karena bisa menjadi tanda suatu gangguan dalam tubuh. Dibawah ini beberapa penyebab pada wanita yang mengalami problem kelelahan:

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa menjadi ancaman serius pada wanita. Bila jantung tidak dapat memompa darah secara efisien, maka darah juga tidak dapat mencukupi kebutuhan tubuh, inilah yang membuat munculnya rasa lelah. Jika Anda memiliki risiko seperti obesitas, tekanan darah tinggi, riwayat keluarga dengan penyakit jantung maka yang harus dilakukan adalah pemeriksaan jantung secara berkala untuk menurunkan risiko berkembang menjadi sakit jantung

Masalah pada Tiroid

Kelenjar tiroid memproduksi hormon yang meregulasi bagaimana tubuh membakar bahan bakar untuk energi. Hormon tersebut dapat overaktif maupun hipoaktif dan keduanya menyebabkan rasa kelelahan.  Masalah pada tiroid lebih sering terjadi pada wanita namun belum diketahui penyebabnya.

Anemia

Anemia merupakan keadaan dimana kadar Hb anda kurang dari nilai normal. Jika darah tidak bisa membawa cukup oksigen ke tubuh maka akan muncul rasa lelah dan lesu. Anemia hanyalah gejala dan harus dicari penyebab pasti sehingga dapat dilakukan tatalaksana. Wanita berisiko anemia juga karena mengalami periode menstruasi. Terapi selanjutnya didasarkan pada penyebab anemia.

Depresi

Faktor psikologis ternyata juga berperan sebagai penyebab wanita menjadi mudah lelah. Salah satunya adalah depresi. Wanita yang mengalami depresi memiliki risiko lebih dari dua kali lipat mengalami rasa kelelahan, dan sebaliknya mereka yang mengalami rasa kelelahan terus-menerus juga cenderung mudah mengalami depresi. Oleh karena itu, yang perlu dilakukan adalah menghindari depresi. Jika mulai terjadi masalah yang berisiko membuat anda depresi, anda baiknya berkonsultasi dengan ahlinya agar dapat membantu dalam manajemen stres yang tepat sesuai dengan situasi.

Baca Juga:  Tubuh Seksi dengan Latihan Beban

Gangguan Tidur

Salah satu gangguan tidur yang bisa menyebabkan munculnya kelelahan adalah sleep apnea. Sleep apnea merupakan kondisi dimana terdapat periode berhenti nafas beberapa saat pada waktu tidur. Biasanya ditandai dengan suara mendengkur. Gangguan ini perlu mendapat perhatian karena dapat menyebabkan tidur menjadi tidak berkualitas. Jika mengalami sleep apnea sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter agar didapatkan penanganan yang tepat.