Anda Vegetarian? Jangan Lupakan Asupan-Asupan Berikut

DokterSehat.Com – Setiap orang memiliki hak untuk menjadi vegetarian. Banyak orang yang berpikir bahwa dengan menjadi vegetarian, mereka bisa mendapatkan nutrisi yang jauh lebih sehat bagi tubuh mereka. Memang, banyak sekali makanan nabati yang bisa memenuhi kebutuhan gizi kita setiap hari. Namun, jika anda memutuskan menjadi vegetarian, anda tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan-makanan sesukai hati karena alih-alih tubuh anda menjadi sehat, tubuh justru akan mengalami kekurangan nutrisi yang bisa berimbas pada masalah kesehatan. Jika anda menjadi vegetarian, berikut adalah asupan-asupan makanan yang tidak boleh anda lupakan.



Isu utama dari vegetarian adalah bagaimana mereka mendapatkan asupan protein mengingat protein lebih dikenal sebagai nutrisi dari makanan hewani. Protein juga banyak tersedia di makanan nabati layaknya dari produk kacang-kacangan dan kedelai. Beberapa makanan yang sudah banyak dikenal luas masyarakat layaknya tempe atau kacang polong dapat menjadi solusi yang baik bagi para vegetarian untuk mendapatkan nutrisi protein.

Asupan berikutnya yang dibutuhkan oleh vegetarian adalah zat besi dan zat seng. Zat besi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan darah dan zat seng sangatlah penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan metabolisme sel-sel tubuh. Sumber zat seng dan zat besi juga bisa ditemui di banyak sayur-sayuran hijau layaknya bayam, sawi, brokoli, kacang-kacangan layaknya akcang almond, kacang polong, atau bahkan kacang mede, hingga buah-buahan kering layaknya kismis atau kurma. Nutrisi penting berikutnya adalah kalsium. Kalsium yang biasanya didapatkan dari produk susu akan sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi serta sistem saraf. Vegetarian bisa mendapatkan asupan kalsium pada sayuran yang berasal dari lautan layaknya rumput laut atau sayuran berwarna hijau gelap layaknya brokoli dan kubis cina.

Baca Juga:  Sumber Protein Terbaik Untuk Membentuk Otot

Asupan terakhir yang tidak boleh dilupakan oleh vegetarian adalah vitamin B 12. Vitamin ini biasanya bisa didapatkan dari produk hewani layaknya susu atau telur. Namun, kini vegetarian bisa mendapatkan asupan vitamin B 12 dari suplemen yang bisa didapatkan di berbagai apotek atau bahkan dari sayuran jamur shitake hingga sayuran dari laut. Hanya saja, patut diingat bahwa vitamin B 12 dari bahan nabati ini cenderung tidak sama jika dibandingkan dengan vitamin B 12 dari produk hewani sehingga ada baiknya vegetarian tetap mengkonsumsi asupan suplemen vitamin B 12.