Anda Selalu Ingin Makanan-Makanan Berikut? Bisa Jadi Kesehatan Anda Bermasalah

DokterSehat.Com – Semua orang tentu memiliki preferensi tersendiri tentang makanan atau minuman apa saja yang menjadi favorit mereka. Sebagai contoh, ada orang yang sangat menyukai makanan dengan bahan dasar mie meskipun banyak orang yang berkata jika bahan makanan ini akan kurang sehat jika dikonsumsi setiap hari. Favoritisme atau keinginan berlebihan pada makanan tertentu ternyata juga bisa menjadi penanda bahwa tubuh sedang mengalami masalah kesehatan yang wajib kita waspadai. Berikut adalah beberapa jenis kandungan makanan atau minuman yang jika kita sangat ingin mengkonsumsinya setiap saat, maka kita harus mewaspadainya.

doktersehat-keripik-junk-food

Anda sangat menyukai makanan yang cenderung asin? Bisa jadi anda mengalami masalah kesehatan pada tubuh anda. Beberapa orang akan merasa tidak puas jika makanan yang dikonsumsi terasa hambar dan kurang kandungan garam di dalamnya. Padahal, jika kita terlalu sering menginginkan makanan yang terasa asin, bisa jadi kita mengalami penyakit yang disebut sebagai penyakit addison. Penyakit addison sendiri adalah kondisi dimana kelenjar adrenal tidak lagi mampu memproduksi hormon layaknya hormon kortisol dengan jumlah yang cukup. Jika kita kekurangan hormon kortisol, maka kita pun akan kesulitan mengendalikan stress. Hormon lain yang bisa menurun akibat kondisi penyakit ini adalah hormon aldosteron yang membuat tekanan darah bisa menurun drastis sehingga memicu keinginan mengkonsumsi makanan asin secara berlebihan.

Beberapa orang merasakan haus setiap saat meskipun sudah meminum cukup banyak air. Meskipun meminum banyak air putih akan baik bagi kesehatan, keinginan berlebihan untuk minum ternyata bisa menjadi tanda-tanda awal penyakit diabetes. Mereka yang terkena diabetes biasanya akan mengalami peningkatan kadar gula dalam darah dengan signifikan. Kondisi ini akan memaksa ginjal untuk bekerja terlalu keras untuk menyaring dan juga menyerap kandungan gula darah yang akhirnya berimbas pada menurunnya jumlah insulin pada tubuh. Ginjal yang bekerja keras membutuhkan banyak asupan air sehingga kita pun akan lebih sering merasa haus, namun juga akan lebih sering buang air kecil. Selain air putih, beberapa orang juga ketagihan mengkonsumsi minuman dingin atau es batu. Pakar kesehatan menyebutkan jika keinginan berlebihan mengkonsumsi es batu ternyata bisa jadi akibat tubuh yang kekurangan zat besi.

Baca Juga:  Tips Ampuh bagi Para Perokok yang Kesulitan untuk Berhenti Merokok

Jika kita mengalami gejala-gejala di atas, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi tubuh ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat jika ternyata terjadi masalah kesehatan yang menyerang tubuh kita. Jangan sepelekan gejala-gejala keinginan berlebih seperti di atas karena jika dibiarkan, penyakit-penyakit berbahaya layaknya diabetes bisa menjadi lebih parah dan sulit untuk disembuhkan.