Anda Sedang Berdiet? Hindari Jenis Makanan Ini!

DokterSehat.Com – Diet kok masih tidak bisa mengatur menu makanan? Mana bisa efektif kalau seperti itu? Karena sebagai orang yang sedang menjalankan program diet, apapun itu, maka kita harus bisa menjalankan keseluruhan upaya secara maksimal, mulai dari menjalankan pola hidup sehat, melakukan kegiatan olahraga secara rutin, hingga mengatur menu makanan yang dikonsumsi.



Untuk melengkapi khasanah wawasan Anda tentang diet, artikel berikut ini akan membahas tentang beberapa makanan yang harus dihindari selama menjalankan program diet. Jadi, apabila Anda sedang berdiet? Hindari jenis makanan berikut :

  • Minuman kemasan dan makanan ringan
    Minuman kemasan dan makanan ringan sangat tidak dianjurkan bagi Anda yang menginginkan badan sehat. Mengapa? Minuman kemasan mengandung pemanis buatan sedangkan makanan ringan banyak mengandung pengawet yang tentu sangat berbahaya bagi tubuh jika terus dikonsumsi.
  • Gula
    Gula mengandung kalori yang sangat tinggi. Sebisa mungkin kurangi mengonsumsi makanan manis dan semua bahan makanan yang berbahan dasar gula. Jika Anda adalah orang yang menyukai makanan manis, mungkin Anda perlu berkorban merogoh kocek lebih dalam demi membeli pemanis yang rendah kalori.
  • Susu
    Bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan dengan cepat, maka meminum susu tiap hari bisa menjadi solusi. Akan tetapi untuk yang sedang berdiet, hindari apapun yang berbahan dasar susu, sebab susu mengandung lemak jenuh dan kalori yang tinggi.
  • Gorengan
    Sebagai orang Indonesia sepertinya sangat sulit terlepas dari jenis makanan yang satu ini. Di rumah dan di jalan, gorengan banyak dijajakan sebagai lauk maupun cemilan. Tahukah Anda, lemak trans yang terdapat pada gorengan dapat meningkatkan kolesterol. Lebih baik Anda memilih jenis makanan yang direbus atau dipanggang saat berdiet. Minyak jagung dan Minyak kelapa juga dapat menjadi alternatif untuk menggoreng bahan makanan Anda asalkan tidak digunakan berulang-ulang.
  • Daging
    Kandungan protein pada olahan daging memang sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Tapi di sisi lain, daging mempinyai kalori yang cukup tinggi. Kandungan lemak jenuh di dalamnya juga berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda, akan lebih baik jika memilih protein dari ikan atau dari olahan nabati seperti kedelai, gandum, kacang-kacangan, bayam dan brokoli.