Anda Punya Pekerjaan Ini? Waspada Masalah Depresi

DokterSehat.Com – Untuk bisa tetap bertahan hidup, kita tentu perlu mendapatkan pekerjaan agar bisa memiliki pendapatan yang akan mendukung kebutuhan kita sehari-hari. Sayangnya, meskipun banyak orang yang berjuang keras agar bisa mendapatkan pekerjaan, banyak pekerjaan yang memberikan tekanan yang sangat tinggi dan pada akhirnya membuat seseorang terkena stress yang bisa memicu depresi. Sebenarnya, apa sajakah pekerjaan yang paling sering membuat kita stress? Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-tangan-kidal-kiri

Penulis
Penulis kerap kali dikaitkan sebagai pekerjaan yang menuntut kreativitas. Sayangnya, andai seorang penulis sedang mengalami kebuntuan ide namun sudah terdesak oleh deadline, maka hal ini bisa membuatnya menjadi mudah terkena stres dan depresi.

Pekerja di bidang kedokteran
Dokter, perawat, atau profesi lainnya yang berkaitan dengan bidang kedokteran ternyata juga bisa dengan mudah memicu depresi. Bagaimana tidak, banyak orang yang beranggapan jika dokter adalah orang yang cukup sakti untuk menyembuhkan atau bahkan menyelamatkan nyawa seseorang. Tuntutan yang tinggi dan harapan untuk tidak melakukan kesalahan apapun inilah yang bisa membuat dokter mudah terkena stres dan depresi.

Pelayan
Pelayan, baik itu pelayan toko, pelayan restoran, dan pelayan di bidang lain ternyata juga bisa menyebabkan depresi. Selain terkadang harus melayani berbagai macam konsumen yang tidak selalu cukup sabar atau melakukan komplain, kadangkala pekerjaan ini bisa membuat pelayan menunggu dalam waktu yang lama yang bisa menyebabkan stres.

Perawat
Menjadi perawat bayi atau bahkan perawat orang tua ternyata sangat menyita energi, waktu, hingga sisi emosional seseorang. Banyak perawat yang mengaku kesulitan mendapatkan waktu pribadi atau bahkan waktu untuk beristirahat sehingga rentan terkena depresi.

Pekerja sosial
Meskipun terlihat menyenangkan karena berbuat baik bagi banyak orang, pekerjaan ini akan menuntut kita untuk kerap berinteraksi dengan banyak orang dengan beragam pribadi dan kebutuhan. Hal ini akan menuntut kesabaran lebih bagi pekerja sosial karena jika tidak, mereka akan dengan mudah terkena stres.

Baca Juga:  Inilah Bahaya Mengkonsumsi Beras Plastik

Pekerja seni
Meskipun terlihat menyenangkan, bagi pekerja seni yang masih dalam level bawah, pendapatkan yang mereka dapatkan kerap kali tidak stabil sehingga bisa memicu stres.