Anda Narsis? Jangan-Jangan Anda Memiliki Masalah Psikologis

DokterSehat.Com – Belakangan ini kita disuguhi sebuah trend dimana foto selfie menjadi hal yang sangat populer di media sosial. Selfie sendiri sebenarnya sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang di media sosial sejak dulu, namun, kini selfie bisa menjadi ajang eksistensi diri dengan menunjukkan kehidupan sehari-hari bersama kawan-kawan dekat atau bahkan untuk menunjukkan pengalaman kegiatan atau berkunjung ke berbagai tempat. Ada banyak orang yang berusaha sebaik mungkin tampil di media sosial sehingga untuk mendapatkan satu buah foto selfie dia bisa mengulangi banyak sekali pengambilan hanya demi sebuah pose yang dianggap menunjukkan dirinya dalam kondisi sempurna. Kita menyebut orang ini sebagai orang yang narsis.

14385551908_56cda9361a_k

Narsis sendiri bisa dianggap sebagai orang yang sanagt membanggakan diri sendiri dan menganggap bahwa Ia memiliki tampilan terbaik jika dibandingkan dengan orang lain. Sayangnya, narsis ternyata dianggap oleh banyak pakar kesehatan sebagai salah satu masalah psikologis yang dinamai dengan Narcissistic Personality Disorder. Seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya memiliki rasa percaya diri berlebihan dan sangat ingin dikagumi orang lain dan media sosial kini sering dianggap sebagai ajang terbaik bagi mereka yang narsis.

Meskipun terkesan biasa-biasa saja, banyak orang yang narsis dan membanggakan diri sendiri ternyata menjadi topeng dari banyak masalah dan keraguan yang dialami orang tersebut. Sebagai contoh, mereka yang memiliki masalah emosi dan antisosial berpura-pura untuk menunjukkan dirinya sebagai pribadi yang lebih hebat dan mendramatisir banyak hal. Sayangnya, pribadi narsis juga bisa menjadi sangat rapuh atau sensitif jika mendapatkan pendapat yang kurang baik sehingga menjadi antisosial dan menganggap dunia narsis di sosial media sebagai dunia pelarian yang lebih baik.

Baca Juga:  Bosan Dengan Pengobatan Kankernya, Bocah Ini Meledakkan Bom!

Bagaimana seseorang bisa menjadi seorang yang narsis yang bermasalah dalam psikologis? Faktor masa kecil yang kurang diperhatikan oleh keluarga atau mereka yang mengalami penurunan dalam kesuksesan atau mulai kehilangan teman-teman karena berbagai masalah bisa menjadi penyebab utama hal ini. Jika anda adalah seseorang yang narsis dan mencoba untuk menjadi hebat di media sosial, coba tanyakan pada diri anda sendiri apakah anda ternyata mencoba melarikan diri dari berbagai masalah atau tidak karena anda tentu harus segera menghentikan kebiasaan ini.