Anda Mudah Mengenali Berita Hoax? Selamat, Fungsi Otak Anda Memiliki Kelebihan

DokterSehat.Com – Belakangan ini masyarakat diresahkan dengan begitu banyaknya berita hoax yang bermunculan di berbagai media, khususnya yang berada di dunia maya. Berita hoax ini muncul seiring dengan panasnya dunia politik di tanah air dalam beberapa tahun terakhir. Mereka yang termakan oleh berita hoax ini cenderung mudah untuk membagikan berita ini sehingga berita yang sebenarnya tidak benar ini menjadi viral dan menghebohkan masyarakat. Jika anda termasuk dalam mereka yang tidak mudah termakan berita hoax, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika anda memiliki kelebihan dalam fungsi otak. Seperti apakah kelebihan tersebut?

doktersehat-berita-hoaks

Sebuah penelitian yang hasilnya diumumkan oleh Association for Psychological Science menyebutkan jika andai kita mampu mengindentifikasi informasi yang berkaitan dengan fungsi memori dengan lebih baik, maka hal ini berarti jika kita memiliki daya ingat yang lebih baik.

Penelitian yang diadakan di Carleton College ini dilakukan dengan cara memperlihatkan 6 slide pada beberapa partisipan dimana setiap slidenya memiliki 50 gambar yang menjelaskan peristiwa tertentu, lengkap dengan berbagai keterangan akan peristiwa tersebut. Para partisipan ini kemudian diminta untuk melakukan berbagai tugas yang tidak berhubungan dan kemudian sempat diberi pengalihan perhatian. Setelah itu, mereka kembali diperlihatkan dengan slide dan gambar-gambar yang menunjukkan peristiwa, namun ada beberapa gambar yang dipelintir meskipun pelintiran ini tidak sepenuhnya salah dan cenderung netral, serta banyak gambar lain yang memang menunjukkan fakta yang salah.

Setelah melihat slide berisi gambar-gambar yang terakhir, diketahui bahwa sebagian partisipan mampu mengenali kesalahan informasi dan sebagian lainnya justru termakan dengan pelintiran informasi. Adam Putnam, pakar kesehatan yang memimpin penelitian ini, menyebutkan jika setelah diteliti fungsi otaknya, mereka yang lebih baik dalam mengenali kesalahan informasi cenderung memiliki fungsi memori lebih baik.

Jika anda termasuk dalam orang-orang yang lebih pandai memilah informasi dan tidak termakan berita hoax, selamat, anda ternyata memiliki kelebihan berupa daya ingat yang luar biasa.