Anda Menderita Asma? Olahraga Ini Akan Sangat Cocok Bagi Anda

DokterSehat.Com – Penderita asma adalah salah satu orang yang mengalami masalah dalam menikmati hidupnya. Bagaimana tidak, karena ketakutan agar penyakit asmanya tidak kambuh, mereka bisa menghindari beberapa aktifitas yang sebenarnya ingin dilakukan. Sebagai contoh adalah aktifitas luar ruangan atau olahraga yang menguras fisik. Padahal, dalam realitanya, semua orang membutuhkan olahraga dengan rutin untuk mendapatkan kesehatan tubuh tetap terjaga. Apakah ada olahraga yang sekiranya cocok bagi mereka yang menderita asma tanpa khawatir masalah asmanya bisa kambuh?

doktersehat-wanita-asma

Pakar kesehatan menyebutkan jika jawaban dari pertanyaan ini adalah Ya, ada olahraga yang cocok untuk dilakukan oleh penderita asma. Sebagai contoh, penderita asma bisa berjalan kaki dengan rutin dan Ia pun tidak akan mudah mengalami kambuhnya asma. Penelitian kesehatan menyebutkan jika olahraga berjalan kaki yang dilakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu dan dilakukan selama tiga bulan berturut-turut akan secara efektif mengendalikan penyakit asma menjadi lebih baik sehingga penderitanya pun tidak akan mudah mendapati asmanya kambuh. Durasi berjalan kaki yang disarankan pun tidak terlalu lama; yakni dengan 30 menit berjalan, dan lima menit pemanasan dan pendinginan.

Olahraga berikutnya yang akan cocok untuk dilakukan oleh penderita asma adalah olahraga yoga. Yoga sendiri dikenal sebagai salah satu olahraga yang mampu membuat sistem pernafasan tubuh menjadi lebih baik dan membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Dengan sistem pernafasan yang lebih terlatih, maka tentu masalah asma pun tidak akan muda kambuh kembali bukan? Pakar kesehatan menyarankan penderita asma agar melakukan yoga setidaknya dengan durasi total 150 menit dalam seminggu. Jika yoga dilakukan dengan rutin hingga 10 minggu berturut-turut, pakar kesehatan bahkan meyakini jika penderita asma bisa menghilangkan ketergantungan pada obat asma.

Baca Juga:  5 Cara Agar Terhindar Kanker Dari Radiasi Ponsel

Beberapa olahraga lain yang dianggap cocok bagi penderita asma adalah tai chi dan meditasi. Olahraga-olahraga ini jika dilakukan oleh penderita asma bisa membuat tubuh mereka semakin sehat sekaligus mendapatkan kualitas kehidupan yang jauh lebih baik.