Anda Memakai Contact Lenses? Simak Tips Berikut Ini

DokterSehat.Com – Pemakaian contact lenses saat ini sudah menjamur di masyarakat. Bermacam alasan dibalik penggunaan contact lense antara lain karena lebih praktis dibandingkan menggunakan kacamata hingga karena untuk menunjang penampilan. Pemakaian contact lenses yang benar sangat diperlukan karena bersinggungan dengan indera yang penting bagi tubuh kita. Dibawah ini beberapa tips terkait penggunaan contact lenses:

shutterstock_98103467 copy

  1. Pastikan bersih

Cuci tangan sebelum memakai dan sebelum mencopot contact lenses adalah wajib hukumnya. Jangan mencuci dengan sabun yang berminyak atau sangat wangi. Jangan lupa keringkan dengan handuk yang bersih sebelum memasang contact lense. Jangan gunakan pelembab, lotion pada tangan yang akan digunakan untuk memasang lensa

  1. Ganti sesering mungkin

Mengganti contact lense anda sesering mungkin sesuai yang disarankan dokter, meskipun anda tidak memakai contact lense setiap hari. Jika anda memakai contact lenses selama beberapa hari atau tetap menggunakan lensa yang tidak dibuat untuk tidur ketika Anda tidur, Anda justru meningkatkan risiko terjadinya infeksi mata

  1. Bersihkan Contact Lense Anda

Ada berbagai macam cairan untuk membersihkan lensa. Saat ini tersedia cairan yang “all in one” sehingga bisa digunakan untuk mencuci, membilas, desinfektan, dan untuk penyimpanan lensa. Ada pula yang menjual produk-produk tersebut secara terpisah sehingga perlu benar-benar diperhatikan. Selain contact lense, tempat/wadah-nya juga perlu dibersihkan. Anda sebaiknya membersihkan setiap hari dengan cairan desinfektan, keringkan dengan tissu. Ganti wadah tersebut tiap 3 bulan atau lebih sering.

  1. Jangan Campur Air dan Lensa

Jika suatu saat anda kehabisan cairan khusus untuk contact lenses , jangan pernah menggunakan air untuk membersihkan lensa. Air kadang mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi mata. Selain itu, jangan gunakan contact lense ketika mandi.

  1. Stop Pemakaian jika contact lense menimbulkan rasa Sakit ketika dipakai
Baca Juga:  Cara Menyenangkan Membakar Kalori

Lensa yang Anda dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman ketika dipakai jika ada sesuatu didalam atau dibawah lensa. Keluarkan lensa dan cuci lensa untuk menyingkirkan benda asing, debu atau kotoran tersebut. Jangan memaksakan tetap memakai lensa meskipun tidak nyaman. Jangan lanjutkan penggunaan jika mata anda berubah menjadi merah dan iritasi.

  1. Pemakaian pada mereka yang juga menggunakan Make-Up

Lensa sebaiknya dipasang sebelum mengaplikasikan make-up pada wajah. Jika ingin membersihkan makeup, sebaiknya lensa dilepas terlebih dahulu sebelum melakukan pembersihan makeup. Sebaiknya mengganti eye makeup (make up pada area mata) setiap 3 bulan. Jika anda ingin menggunakan lensa untuk menunjang penampilan (bukan karena indikasi medis) sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter mata agar dapat memperoleh contact lense yang sesuai

  1. Olahraga dan contact lense

Memakai contact lense pada saat berolahraga juga disarankan karena lebih praktis dan dapat membantu pengelihatan perifer. Namun demikian untuk olahraga air, seperti berenang, penggunaan lensa justru tidak disarankan karena justru meningkatkan risiko infeksi dari bakteri yang ada di dalam air.

  1. Konsultasi ke dokter

Jika anda memutuskan untuk memakai contact lense dengan berbagai macam alasan, sangatlah diperlukan konsultasi ke dokter mata terlebih dahulu untuk mendapatkan resep contact lense yang sesuai dengan problem yang anda hadapi.