Anda Gampang Merasa Lelah? Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com – Pekerjaan yang menumpuk dan padatnya aktivitas sehari-hari bisa menyebabkan timbulnya penyakit pada diri anda. Lelah dapat disebabkan karena berkurangnya pertahanan tubuh untuk mempertahankan kekuatan fisik. Ada beberapa penyebab kita merasa cepat lelah. Lelah juga disebabkan oleh kondisi emosional yang tidak stabil sehingga kombinasi dari lelah fisik dan mental menyebabkan kondisi tubuh tidak vit dan malas untuk beraktivitas. Adanya gangguan pada kesehatan atau penyakit dapat menjadi salah satu penyebabnya.

doktersehat-mata-kerja-lelah

Berikut adalah penyebab-penyebab lainnya:

Kurang tidur
Berkurangnya waktu tidur anda selama satu jam saja bisa menjadi penyebab anda kelelahan dan tidak bisa mengatur rutinitas harian. Mulailah dengan pola tidur yang baik. Hindari makan, membaca, atau menonton televisi di tempat tidur. Apabila masih merasa sulit tidur, berpindahlah ke ruangan lain, membaca atau santaikan diri sejenak sampai anda merasa mengantuk.

Stress
Mengerjakan satu tugas berpindah ke tugas lainnya tanpa adanya istirahat memang sangat melelahkan. Beristirahat adalah yang anda butuhkan untuk mengatasinya. Istirahatlah sambil melakukan peregangan sesaat selama beberapa kali. Menjalani hidup dengan rasa cemas akan menimbulkan stress juga. Cara mudah mengurangi stres adalah membuat prioritas dan mengorganisasi aktivitas. Menyisihkan waktu setiap hari untuk melakukan hal-hal yang anda senangi.

Pola makan
Pola makan yang tidak sehat dan kurangnya asupan cairan membuat tubuh tidak mendapat bahan bakar dan cairan. Mulailah sarapan dengan makanan rendah lemak dan tinggi serat. Hindari sereal penuh gula atau minuman berkafein. Mengkonsumsi kafein akan membuat diri anda menjadi semakin lelah. Minuman berkafein sebaiknya tidak dikonsumsi menjelang tidur.

Konsumsi obat-obatan tertentu
Mengkonsumsi obat-obat dapat menimbulkan kelelahan. Beberapa obat flu dan pereda  nyeri juga mengandung kafein dan stimulant lain.