Anda Bekerja Lebih dari 40 Jam Dalam Seminggu? Resiko Terkena Penyakit Ini Bisa Meningkat

DokterSehat.Com – Banyak orang yang bekerja keras demi menghidupi keluarga atau mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Banyak dari mereka yang rela untuk bekerja dengan durasi lebih lama dari 40 jam dalam seminggu atau kerap melakukan lembur. Bagi banyak orang, asalkan tidur mereka cukup dan makan mereka sehat, maka jam kerja tidak akan memicu masalah kesehatan. Sayangnya, pendapat ini berbeda dengan apa yang diungkapkan oleh pakar kesehatan. Dengan bekerja lebih dari 40 jam dalam seminggu, kita ternyata bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan juga kanker. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Fakta ini didapatkan oleh hasil penelitian yang dilakukan di Ohio State University. Dari penelitian ini, diketahui bahwa andai wanita bekerja lebih dari 40 jam dalam seminggu, maka resiko terkena dua penyakit berbahaya ini sangatlah tinggi. Bahkan, andai jam kerja bisa melebihi 50 atau 60 jam, maka dipastikan resiko terkena penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga arthritis meningkat hingga 3 kali lipat.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Occupational and Enviromental Medicine ini dilakukan dengan mewawancarai 7.500 pekerja dalam periode 32 tahun. Dari hasil wawancara ini, diketahui bahwa ada 56 persen orang yang bekerja 41 hingga 50 jam dalam sepekan, ada 28 persen orang yang bekerja 30 hingga 40 jam per pekannya, dan yang cukup mengejutkan, ada 16 persen orang yang bekerja dengan jam kerja lebih dari 51 jam per hari.

Yang menarik adalah, bagi kaum pria, andai mereka bekerja lebih dari 40 jam dalam seminggu, yakni dengan jam kerja antara 41 hingga 50 jam dalam seminggu, resiko terkena penyakit jantung, depresi, dan juga penyakit paru-paru cenderung tidak meningkat secara signifikan. Hanya saja, andai mereka bekerja lebih dari 60 jam dalam seminggu, barulah kondisi kesehatan mereka cenderung memburuk.

Baca Juga:  Penyebab Mrs.V Mengalami Kekeringan

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menyayangi kondisi kesehatan tubuh kita dan tidak terlalu memforsirnya untuk bekerja sehingga justru berdampak pda meningkatnya resiko terkena penyakit berbahaya. Andai memang jam kerja sudah usai, ada baiknya kita segera menyelesaikan pekerjaan dan segera pulang untuk beristirahat.