Kanker Pankreas – Anatomi Pankreas dan Klasifikasi Kanker Pankreas

Pankreas adalah organ di perut bagian atas yang terletak di bawah perut dan bersebelahan dengan bagian pertama usus kecil, disebut duodenum. Pankreas terdiri dari kelenjar yang bertanggung jawab untuk berbagai macam tugas. Fungsi kelenjar pankreas dapat dibagi menjadi dua kategori berikut:

doktersehat-kanker-pankreas

  • Eksokrin: Kelenjar eksokrin mensekresikan enzim ke saluran (duktus) menuju duodenum. Enzim ini kemudian membantu dalam pencernaan makanan saat makanan bergerak melalui usus.
  • Endokrin: Kelenjar endokrin mengeluarkan hormon, termasuk insulin, ke dalam aliran darah. Insulin dibawa oleh darah ke seluruh bagian tubuh lainnya untuk membantu dalam proses penggunaan gula sebagai sumber energi. Insulin juga mengontrol kadar gula dalam darah.

Pankreas dapat dibagi menjadi empat bagian anatomis berikut ini:

  • Kepala (kaput) – Bagian paling kanan yang terletak bersebelahan dengan duodenum
  • Prosessus uncinatus – Perpanjangan kepala pankreas
  • Tubuh (corpus) – Bagian tengah pankreas
  • Ekor – Bagian paling kiri pankreas yang terletak bersebelahan dengan limpa

Jenis kanker pankreas yang paling umum muncul dari kelenjar eksokrin dan disebut adenokarsinoma pankreas. Kelenjar endokrin pankreas dapat menimbulkan jenis kanker yang sama sekali berbeda, yang disebut sebagai karsinoma neuroendokrin pankreas atau tumor sel islet. Artikel ini hanya membahas masalah yang berkaitan dengan jenis adenokarsinoma pankreas yang lebih sering terjadi.

Adenokarsinoma pankreas termasuk yang paling agresif dari semua jenis kanker. Pada saat kanker pankreas didiagnosis, banyak orang sudah memiliki penyakit yang telah menyebar ke tempat yang jauh di dalam tubuh (sekitar 53%). Kanker pankreas juga relatif resisten terhadap perawatan medis, dan satu-satunya pengobatan yang berpotensi kuratif adalah operasi. Pada tahun 2010, sekitar 43.000 orang di Amerika Serikat didiagnosis menderita kanker pankreas, dan sekitar 36.000 orang meninggal karena penyakit ini. Angka-angka ini mencerminkan tantangan dalam mengobati kanker pankreas dan kurangnya pilihan kuratif.

Kanker Pankreas – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10