Hidrosefalus pada Anak – Anatomi dan Patofisiologi

CSS (cairan serebrospinal) dibentuk di dalam system ventrikel serebrum, terutama oleh pleksus koroideus. Masing-masing dari keempat ventrikel mempunyai jaringan pleksus koroideus, yang terdiri atas lipatan vilosa dilapisi oleh epitel dan bagian tengahnya mengandung jaringan ikat dengan banyak pembuluh darah. Cairan dibentuk melalui sekresi dan difusi aktif. Terdapat sumber CSS nonkonroid, tetapi aspek pembentukan cairan ini masih belum diketahui sebelumnya.

hidrosefalus pada anak

Sistem ventrikel terdiri atas sepasang ventrikel lateral, masing-masing dihubungkan oleh akuaduktus Sylvii ke ventrikel keempat tunggal yang terletak di garis tengah dan memiliki tiga lubang keluar, sepasang foramen Luschka di sebelah lateral  dan sebuah foramen magendie di tengah. Lubang-lubang ini berjalan menuju ke sebuah sistem yang saling berhubungan dan ruang subaraknoid yang mengalami pembesaran fokal dan disebut sisterna.

Sisterna pada fosa posterior berhubungan dengan ruang subaraknoid diatas konveksitas serebrum melalui jalur yang melintasi tentorium. Ruang subaraknoid spinalis berhubungan dengan ruang subaraknoid intrakranium melalui sisterna basalis.

Aliran CSS netto adalah dari ventrikel lateral menuju ventrikel ketiga kemudian ke ventrikel keempat lalu ke sisterna basalis, tentorium, dan ruang subaraknoid di atas konveksitas serebrum ke daerah sinus sagitalis, tempat terjadinya penyerapan ke dalam sirkulasi sistemik.

cairan serebrospinal

Photo Credit: A.d.a.m

Sebagian besar penyerapan CSS terjadi melalui vilus araknoidalis dan masuk kedalam saluran vena sinus sagitalis, tetapi cairan juga diserap melintasi lapisan ependim system ventrikel dan di ruang subaraknoid spinalis.

Pada orang dewasa normal, volume total CSS adalah sekitar 150 mL, yang 25% nya terdapat di dalam sistem ventrikel. CSS terbentuk dengan kecepatan sekitar 20 mL/jam, yang mengisyaratkan bahwa perputaran CSS terjadi tiga sampai empat kali sehari.

Patofisiologi hidrosefalus
Produksi CSS normal berkisar antara 0,20-0,50 mL/menit. Sebagian besar diproduksi oleh plexus choroideus yang terletak diantara sistem ventrikuler terutama pada ventrikel lateral dan ventrikulus IV. Kapasitas ventrikel laeral dan III pada orang sehat sekitar 20 ml. Total volume CSS pada orang dewasa adalah 150 ml. Tekanan intra kranial meningkat jika produksi melebihi absorbsi (penyerapan). Ini terjadi jika adanya produksi cairan serebrospinal yang berlebihan, peningkatan tahanan aliran cairan serebrospinal, atau peningkatan tekanan sinus venosus. Produksi CSS menurun jika tekanan intrakranial meningkat. Kompensasi dapat terjadi melalui penyerapan CSS transventrikuler dan juga dengan penyerapan pada selubung akar saraf.

Baca Juga:  Hidrosefalus pada Anak - Penegakan Diagnosis

Lobus temporal dan frontal melebar lebih dulu, biasanya asimetris. Ini dapat menyebabkan kenaikan corpus callosum, penarikan atau perforasi septum pelucidum, penipisan selubung serebral, atau pelebaran ventrikel tertius ke bawah menuju fosa hipofisis (yang dapat menyebabkan disfungsi hipofisis, yaitu bagian di otak yang mengatur berbagai produksi hormon).

Hidrosefalus pada Anak – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6