Anaknya Pintar Sekali, Dikasih Makan Apa? Anak Saya Makan Ini…

DokterSehat.Com – Mungkin kita sering mendengar candaan, “Anak itu makan apa sih kok bisa pinter banget?” Kenyataannya, kecerdasan tidak hanya dipengaruhi oleh genetika, kecerdasan juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi sehari-hari, bahkan sejak kehamilan. Misalnya pada penyakit kretinisme akibat kekurangan mineral yodium, selain menimbulkan gangguan pertumbuhan, perkembangan anak juga terganggu ditandai dengan adanya retardasi mental.

doktersehat-anak-makan

Berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah nutrisi berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Faktor sosial ekonomi menjadi perancu yang paling penting dalam penelitian mengenai topik ini. Faktor sosial ekonomi mempengaruhi jenis dan jumlah nutrisi yang dapat diberikan oleh orang tua kepada anak, bahkan sejak berada dalam kandungan. Penelitian-penelitian didesain sebaik mungkin untuk mengurangi kemungkinan faktor perancu ini. Hasilnya, secara signifikan, sebagian besar penelitian menunjukkan hasil anak-anak yang memiliki IQ lebih tinggi ternyata memperoleh nutrisi yang lebih baik. Bukan hanya makronutrien yang berpengaruh dalam hal ini, melainkan juga berbagai mikronutrien. Hal ini ditunjukkan oleh penelitian control-trial dimana satu kelompok kontrol yang terdiri dari ibu hamil tidak diberikan suplemen vitamin dan mineral sedangkan ibu hamil dalam kelompok perlakuan diberikan. Hasilnya, setelah anak lahir dan berusia 3 tahun, anak dari ibu yang berada dalam kelompok perlakuan memiliki IQ nya lebih tinggi.

Nah, mari kita kenali makanan-makanan yang kaya nutrisi berikut untuk meningkatkan kecerdasan anak:

  1. Salmon
    Sejak lama salmon dianggap sebagai makanan yang sehat. Salmon merupakan ikan berlemak yang merupakan sumber terbaik untuk asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Studi terkini menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi omega-3 memiliki pemikiran yang lebih tajam dan menunjukkan hasil yang memuaskan dalam berbagai uji kemampuan.
  2. Telur
    Tidak kalah dari salmon, telur pun telah dikenal sebagai sumber protein yang penting, mudah didapat, dan harganya terbilang murah. Putih telur kaya akan kolin yang penting untuk perkembangan memori.
  3. Selai kacang
    Kacang dan selai kacang kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi selaput sel saraf. Kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin yang baik. Kacang baik untuk otak karena mampu menyediakan energi untuk waktu yang panjang serta mampu meningkatkan kemampuan berpikir. Penelitian menunjukkan kacang merah dan buncis mengandung omega-3 (terutama ALA).
  4. Gandum
    Otak membutuhkan suplai glukosa yang konstan. Serat yang terdapat pada gandum mampu membantu pelepasan glukosa dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B dalam gandum bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem saraf.
  5. Oat
    Oat adalah makanan yang saat ini cukup digemari oleh masyarakat karena mampu menyerap kolesterol berlebih. Oat banyak dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa dalam bentuk sereal. Oat merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk otak. Serat di dalamnya serta zink, kalium, vitamin B, dan vitamin E membantu fungsi tubuh dan otak.
  6. Berry
    Strawberry, raspberry, blueberry, dan lainnya mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dan mampu meningkatkan fungsi memori. Selain itu, biji buah berry mengandung omega-3 yang sangat dibutuhkan otak.
  7. Sayuran berwarna
    Sayuran berwarna seperti bayam, wortel, dan tomat kaya akan nutrisi dan antioksidan yang menjaga sel-sel otak tetap kuat dan sehat.
  8. Daging
    Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber utama zat besi. Zat besi berperan dalam pembentukan hemoglobin dan pengikatan oksigen di darah. Otak bekerja lebih baik saat darah kaya akan oksigen, sehingga zat besi secara tidak langsung berperan dalam meningkatkan konsentrasi dan anak menjadi lebih berenergi. Mineral lain, seperti zink, yang terkandung dalam daging membantu dalam meningkatkan memori.
  9. Susu dan yogurt
    Produk dairy kaya akan vitamin B dan protein. Nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmiter yang sangat berperan dalam kerja otak.
  10. Jadi, jika Anda ingin anak-anak Anda cerdas dan aktif, berikan makanan-makanan di atas sejak dalam kandungan.

     

    Sumber: Institute for Applied Psychometrics