Anak yang Terbiasa Ngedot Sebelum Tidur Beresiko Mengalami Masalah Gigi

DokterSehat.Com – Karena banyak anak yang susah atau rewel sebelum tidur, banyak orang tua yang kemudian berinisiatif memberikan susu di dalam dot bagi buah hatinya. Memang, susu yang nikmat jika dikonsumsi sambil tiduran bisa membuat anak segera terlelap. Sayangnya, kebiasaan ini ternyata kurang baik bagi kesehatan gigi anak. Pakar kesehatan gigi anak, drg. Rudi Kurniawan menyebutkan jika kebiasaan ngedot pada anak sebelum tidur ini adalah pemicu utama masalah gigi berlubang atau karies pada anak-anak.

doktersehat-nutrisi-gizi-bayi-balita

Drg. Rudi menyebutkan jika kebiasaan ngedot bisa memicu kerusakan gigi yang sangat parah. Beliau bahkan pernah menemukan anak yang semua giginya berlubang atau kariesnya sudah sangat parah hanya karena kebiasaan. Yang menjadi masalah adalah, karena gigi pada anak masih dalam masa pertumbuhan dan sering berganti, banyak orang tua yang menyepelekan masalah gigi pada anak dengan alasan “toh nanti akan tumbuh lagi yang lebih baik”. Padahal, karies gigi bisa berpengaruh buruk pada perkembangan dan erupsi gigi permanen. Selain itu, masalah gigi ini ini bisa membuat anak menjadi lebih susah makan karena gigi terasa nyeri saat mengunyah makanan. Hal ini tentu akan kurang baik bagi perkembangan anak, bukan?

Dengan mengedot susu sebelum tidur, proses pencucian gigi secara alami melalui kelenjar liur pada malam hari pun tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya sehingga masalah gigi pun akan semakin mudah terjadi. Hal ini juga diperparah dengan kebiasaan orang tua yang memberikan makanan manis dengan harapan anaknya doyan mengkonsumsi berbagai makanan.

Ada baiknya orang tua membiasakan anak untuk tidak ngedot sebelum tidur dan ganti dengan waktu lainnya. Usahakan agar anak tertidur dengan kondisi gigi yang sudah disikat dengan bersih. Selain itu, sering-seringlah membawa anak untuk memeriksakan kondisi kesehatan giginya ke dokter gigi, setidaknya sekali dalam enam bulan.