Anak yang Suka Bermain Gadget Akan Membuatnya Beresiko Terkena Insomnia

DokterSehat.Com – Dalam dunia modern seperti sekarang ini, gadget memang telah menjadi peralatan yang sangat sulit untuk dilepaska oleh sebagian besar orang. Bagaimana tidak, gadget bisa digunakan sebagai sarana komunikasi dan informasi yang tentu akan sangat berguna. Sayangnya, penggunaan gadget secara berlebihan bisa berimbas buruk bagi kesehatan tubuh kita. Apalagi jika yang menggunakan gadget ternyata adalah anak-anak. Memang, gadget bisa membuat anak menjadi lebih terampil, lebih cerdas, dan mendapatkan banyak informasi yang bisa mendukung perkembangan otaknya. Sayangnya, ada banyak sekali dampak buruk yang didapatkan andai anak terlalu suka bermain gadget, baik itu dari segi psikis maupun fisik.

doktersehat-handphone-gadget-anak-kecil-game-pornografi

Sebuah penelitian yang dilakukan di amerika Serikat dilakukan dengan melibatkan 2.750 siswa sekolah dan diketahui bahwa 25 persen dari anak-anak ini mengalami kelelahan di siang hari dan 68 persen diantaranya mengalai kesulitan untuk fokus pada saat belajar. Sementara itu, ada 32 persen siswa yang mengalami masalah kesehatan fisik karena sudah kecanduan memakai gadget baik itu di siang hari maupun malam hari.

Pakar kesehatan Mike Buchanan menyebutkan jika banyak orang yang tidak menyadari dampak buruk dari gadget bagi anak-anaknya. Padahal, banyak anak yang masih memakai gadget hingga larut malam dan pada akhirnya mengalami gangguan tidur atau insomnia dengan serius. Bagaimana tidak, mereka masih merasa cemas dan penasaran dengan gadget atau media sosial sehingga sulit untuk tidur dengan tenang. Dari penelitian ini, diketahui bahwa setidaknya anak akan mengecek gadgetnya 10 kali setiap malam. Hal ini akan membuat mereka tidak mendapatkan tidur yang berkualitaas yang akan berimbas pada kelelahan di siang hari, kesulitan fokus, hingga gangguan emosional. Banyak siswa yang suka bermain gadget pada akhirnya menjadi pribadi yang egois, kurang terbuka, mudah resah, mudah marah, dan cenderung lebih manja.

Baca Juga:  Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dari Masalah Serangan Jantung atau Stroke

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya orang tua untuk mulai membatasi penggunaan gadget anak, khususnya di malam hari menjelang mereka tidur. Diharapkan hal ini mampu membuat anak mendapatkan tidur yang nyenyak dan tidak mengganggu pertumbuhan dan kesehatannya.