Anak yang Menderita Asma Sebaiknya Tidak Makan Cokelat

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang cukup sulit untuk disembuhkan adalah asma. Beruntung, penyakit ini masih bisa dikendalikan agar tidak mudah kambuh dengan cara menerapkan pola makan yang sehat dan menghindari berbagai makanan atau alergen yang bisa menyebabkan munculnya asma. Tahukah anda jika asma seringkali terjadi karena adanya inflamasi kronis yang disebabkan oleh peradangan yang berlangsung menahun. Cukup banyak anak yang sudah membentuk peradangan kronis ini sejak usia dini namun tidak begitu dideteksi oleh orang tuanya sehingga membuat sang anak akhirnya menderita penyakit ini saat tumbuh dewasa.

doktersehat-anak-kecil-asma

Pakar kesehatan spesialis anak dr. Darmawan Setyanto menyebutkan bahwa ada cukup banyak faktor yang menyebabkan munculnya asma pada anak, baik itu faktor keturunan ataupun karena faktor lingkungan. Saat anak berusia lima tahun, ada baiknya mereka mulai memperhatikan kondisi kesehatan anaknya, khususnya pada pernafasannya. Jika anak mengalami gejala asma yang bisa muncul atau menghilang dan menjadi semakin parah saat malam hari, atau justru membaik setelah mendapatkan obat, maka ada baiknya orang tua mulai memperhatikan gaya hidup pada anak tersebut.

Salah satu faktor yang menyebabkan asma muncul atau semakin parah ternyata adalah beberapa jenis makanan tertentu seperti makanan dingin, makanan yang kaya MSG, atau makanan yang memiliki kandungan cokelat. Cokelat batangan ataupun susu cokelat ternyata memiliki kandungan lemak yang bisa memicu kambuhnya penyakit asma. Makanan yang kaya MSG juga disebut mampu membuat asma lebih mudah muncul kembali.

Tak hanya menghindari makanan layaknya cokelat, ada baiknya anak yang memiliki asma juga menghindari beberapa hal layaknya debu, asap rokok, asap dapur, hingga tungau yang bisa saja membuat asmanya kambuh kembali.