Anak Tunggal Beresiko Lebih Besar Mengalami Obesitas

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika menjadi anak tunggal adalah hal yang sangat menyenangkan mengingat perhatian orang tua biasanya akan sangat besar. Namun, tahukah anda, menjadi anak tunggal ternyata juga bisa memberikan kerugian tersendiri bagi kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, anak tunggal ternyata memiliki kecenderungan lebih rentan terkena  masalah obesitas, yang seringkali terjadi saat anak mulai memasuki usia sekolah dasar. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-anak-makan-sehat

Karena menjadi anak tunggal, orang tua biasanya akan mencurahkan segala perhatiannya kepada anak karena menganggap anak inilah harta mereka yang paling berharga yang mereka miliki. Perhatian yang sangat berlebihan ini ternyata bisa membuat anak akan bisa mengkonsumsi makanan apa saja tanpa adanya larangan karena orang tua berpikir jika asalkan anak berbahagia, maka orang tua pun akan merasakan hal yang sama. Pembiaran ini ternyata bisa berimbas pada konsumsi makanan yang sembarangan sehingga bisa memicu masalah obesitas. Uniknya, sebagian orang tua yang memiliki anak tunggal ternyata juga bisa melakukan perhatian berlebihan sehingga anak justru terlalu diatur dan dilarang-larang mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang justru membuat anak akan makan dengan porsi yang lebih banyak dan pada akhirnya juga ikut memicu masalah obesitas. Akan tunggal ternyata memiliki resiko tiga kali lipat terkena obesitas lebih besar jika dibandingkan anak yang sudah memiliki adik pada usia tiga atau empat tahun.

Dari penelitian ini juga ditemukan fakta bahwa jika pada akhirnya anak memiliki adik di kemudian hari, maka kondisi kesehatan sang anak dan keluarga secara keseluruhan ternyata juga bisa menjadi semakin membaik. Hal ini dikarenakan orang tua mulai menyesuaikan gaya hidup menjadi lebih baik. Selain itu, sang anak yang bahagia karena memiliki adik juga cenderung lebih aktif bergerak untuk bermain bersama adiknya.