Anak Tetap Sehat Saat Musim Hujan

DokterSehat.Com – Meskipun sangat ditunggu-tunggu kedatangannya oleh masyarakat yang menginginkan suhu udara yang jauh lebih sejuk, musim hujan juga sering ditakuti oleh banyak orang mengingat banyak sekali kemungkinan anak kecil jatuh sakit saat musim hujan. Ya, banyak orang yang menganggap bahwa musim hujan setiap tahunnya akan membawa penyakit bagi manusia. Melihat hal ini, apakah anda hanya akan pasrah dan baru akan bertindak jika anak terkena penyakit layaknya panas, batuk, atau pilek? Kita bisa tetap menjaga kesehatan anak di musim hujan dengan beberapa trik sederhana sebagai berikut.



Jika kita jeli, anggapan bahwa musim hujan membawa banyak penyakit sebenarnya tidak tepat. Hal yang paling benar adalah karena kebiasaan kita yang jarang mencuci tangan setelah banyak melakukan kegiatan dan bertemu banyak orang. Bakteri dan kuman jelas mudah berpindah-pindah dari satu tangan ke tangan yang lain dan jika kita jarang mencuci tangan, maka bisa jadi bakteri tersebut ikut masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Anak-anak harus diajari agar rajin mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan banyak kegiatan sehingga kuman dan bakteri tidak akan menembus sistem kekebalan tubuh.

Minum air putih dalam jumlah yang banyak dan setidaknya delapan gelas per hari ternyata mampu menjaga anak-anak dari berbagai penyakit. Sederhananya, air yang banyak akan membuat anak-anak sering buang air kecil dan banyak racun dan kuman yang tentu ikut terbuang dari air seni tersebut.

Jika anak sering melakukan kegiatan di luar rumah hingga kehujanan, ada baiknya anak langsung mandi dengan bersih sehingga tubuh pun terjaga dari berbagai macam penyakit. Namun, saat bemain di luar rumah pun, anda harus memastikan bahwa anak tidak menyentuh genangan air yang kotor saat bermain. Genangan air hujan, meskipun terlihat bersih bisa saja menjadi berbagai sumber penyakit berbahaya. Sediakan jas hujan atau sepatu khusus hujan yang tidak mudah basah agar anak bisa tetap bermain tanpa perlu khawatir akan terkena penyakit.