Anak Terlihat Sangat Kurus? Waspadai Hal ini

DokterSehat.Com – Pertumbuhan anak adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh orang tua. Tak hanya bertambah tinggi atau bertambah cerdas, anak-anak juga harus diperhatikan kondisi berat badannya. Sebagaimana kita ketahui, anak yang terlalu gemuk bukanlah anak yang sehat seperti yang banyak orang tua pikirkan pada jaman dahulu. Namun, bagaimana jika anak kita ternyata terlihat semakin kurus? Pakar kesehatan menyebutkan jika anak yang kurus juga belum tentu sehat dan bisa jadi disebabkan oleh hal-hal yang patut diwaspadai seperti sebagai berikut.

doktersehat-anak-sakit-konsul

Masalah kesehatan
Pakar kesehatan memperingatkan orang tua yang memiliki anak yang kurus untuk segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter. Dikhawatirkan, anak mengalami masalah kesehatan layaknya diare atau cacingan. Apalagi jika anak cenderung suka jajan di berbagai tempat dengan sembarangan. Jika anak terkena cacingan, sebanyak apapun atau sesehat apapun makanan yang mereka konsumsi, tubuh tidak akan mampu menyerapnya dengan maksimal sehingga akhirnya tubuhnya menjadi semakin kurus.

Asal banyak makan
Cukup banyak orang tua yang bingung dengan kondisi anaknya yang sudah makan dengan lahap namun tetap saja memiliki tubuh yang kurus. Pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini bisa saja terjadi karena apa yang dimakan oleh anak ternyata memiliki kadar gizi yang tidak seimbang. Anak pun tidak akan mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan bagi perkembangan tubuhnya. Karena alasan inilah ada baiknya orang tua menjaga asupan nutrisi anak tetap seimbang.

Terkena infeksi
Beberapa jenis infeksi bakteri atau virus yang berbahaya bisa memicu masalah kesehatan layaknya TBC. Jika hal ini terjadi, maka tubuh anak tidak akan mampu menyerap nutrisi makanan dengan maksimal sehingga tubuhnya pun menjadi semakin kurus.

Baca Juga:  Apa Dampak Dari Fenomena Mengungsi ke Hotel Akibat Dari Mudiknya Pembantu?

Mengalami alergi makanan
Banyak orang tua yang tidak menyadari jika anaknya mengalami alergi makanan yang bisa memicu tidak maksimalnya penyerapan nutrisi pada tubuh. Sebagai contoh, ada anak yang ternyata alergi dengan protein gluten sehingga membuat lapisan ususnya mengalami kerusakan dan akhirnya tak mampu menyerap nutrisi makanan dengan baik.