Anak Susah BAB? Atasi Dengan Puding

DokterSehat.Com – Karena berbagai sebab, anak memang bisa mengalami masalah pencernaan yang membuat mereka susah untuk buang air besar. Biasanya, masalah kesehatan ini akan membuat perut mereka merasa tidak nyaman sehingga akan cenderung lebih mudah rewel dari biasanya. Tak perlu bingung, kita ternyata bisa mengatasi masalah susah buang air besar pada anak ini dengan cara yang mudah sekaligus disukai oleh anak-anak. Cara tersebut adalah dengan meminta anak memakan puding.



Mengapa puding? Pakar kesehatan menyebutkan jika makanan yang terbuat dari agar-agar ini sangat kaya akan sumber serat. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika serat adalah salah satu kunci untuk memperlancar saluran pencernaan dan mengatasi masalah sembelit atau konstipasi. Daripada meminta anak untuk mengkonsumsi obat-obatan yang seringkali sangat sulit untuk dilakukan karena rasanya yang pahit, kita tentu akan lebih mudah untuk meminta mereka mengkonsumsi puding yang manis, lembut, dan dingin ini, bukan?

Saat mengkonsumsi puding, anak akan mendapatkan sumber serat yang sangat baik bagi kesehatan ususnya. Puding akan menarik air dan kemudian memberikan massa pada kotoran sehingga kotoran yang sebelumnya keras dan sulit untuk dikeluarkan akan berubah menjadi lebih lunak. Alhasil, gerakan usus pun akan menjadi lebih lancar dan teratur. Selain membuat anak menjadi lebih mudah buang air besar, perutnya pun akan terasa jauh lebih nyaman.

Pastikan bahwa kita membuat puding yang tidak memiliki kandungan gula yang berlebihan. Memang, hal ini tentu akan membuat puding menjadi terasa tidak terlalu manis. Namun, kita tentu sudah tahu betapa berbahayanya konsumsi gula yang berlebihan bagi anak bukan? Selain bisa membuat mereka lebih beresiko mengalami obesitas, gigi mereka juga bisa mengalami kerusakan. Meskipun tak terlalu manis, puding tetap saja disukai oleh anak-anak sehingga masalah susah BAB bisa segera mereda.