Anak Sulit Diam Saat Belajar? Segera Cek Kesehatan Matanya

DokterSehat.Com – Minggu, 9 Oktober ini adalah Hari Penglihatan Sedunia, hari dimana kita sebaiknya mulai memperhatikan kesehatan mata kita dan semua anggota keluarga. Sebagaimana diketahui, jumlah orang yang memakai kacamata dengan alasan mengalami masalah penglihatan, khususnya pada anak-anak meningkat dengan signifikan dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini tentu membuat orang tua harus lebih baik dalam mengawasi kegiatan anak mereka agar tidak mudah terkena gangguan penglihatan.

doktersehat-mata-malas-ambliopia

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyebutkan jika mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi tubuh kita. Tanpa adanya mata, kita akan tidak mampu menikmati kehidupan dan bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Dengan adanya mata, kita juga akan semakin mudah untuk menyerap berbagai pengetahuan dan hal-hal baru dalam hidup. Jika mata mengalami gangguan penglihatan, kita tentu akan mengalami masalah untuk melakukan banyak aktivitas, bukan?

Saat manusia berusia lima tahun, maka saraf mata biasanya sudah mulai terbentuk dengan sempurna dan pada saat mulai usia inilah, kesehatan mata harus dijaga dengan baik sehingga tidak akan mudah mengalami gangguan penglihatan yang membuat kita harus memakai kacamata atau terapi kesehatan lain. Padahal, menurut sang menteri, kebanyakan anak baru diketahui mengalami masalah kesehatan pada usia 11 tahun yang membuat mereka menjadi sulit belajar dan cenderung tidak bisa diam. Hal ini dikarenakan mereka kebingungan kesulitan untuk mengerti namun takut untuk melaporkan kondisinya pada orang tua.

Penggunaan gadget yang berlebihan semenjak usia yang dini dan cara membaca yang salah kerap kali menjadi pemicu gangguan kesehatan mata pada anak-anak. Hal ini tentu harus mendapatkan perhatian lebih dari orang tua untuk terus melakukan pengawasan agar mereka tidak mengalami gangguan penglihatan. Selain itu, orang tua juga harus tanggap pada anak yang cenderung sulit diam saat belajar dan kesulitan melihat pada jarak tertentu, karena hal ini berarti mereka membutuhkan konsultasi ke dokter mata agar bisa segera mendapatkan terapi yang tepat.