4 Cara Menghadapi Anak yang Suka Melawan Orang Tua

DokterSehat.Com– Semakin besar usia anak, ia juga akan mengalami perkembangan emosi. Anak Anda mungkin sering untuk membantah atau melawan perkataan Anda sehingga memicu pertengkaran kecil di rumah. Bagaimana ya cara mengatasinya?

Tips menghadapi anak yang suka melawan orang tua

Menghadapi anak yang senang melawan kadang membuat orang tua habis kesabaran. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi hal tersebut di antaranya:

1. Tetap tenang

Selalu usahakan untuk tetap tenang ketika menghadapi anak yang suka melawan. Tahan diri Anda untuk berteriak, marah, atau bahkan memukul anak. Hal ini memang sulit dilakukan, namun jika Anda membalas marah dan membentak anak-anak, hal ini dapat menyebabkan trauma pada anak.

2. Tinggalkan anak untuk sementara

Jika jarak anak sedang marah dan emosinya memuncak, Anda dapat meninggalkan si kecil untuk sementara. Katakan padanya bahwa Anda tidak mau berbicara dengannya selama ia masih membentak atau bicara dengan nada tinggi. Hal ini sekaligus dapat memberinya pelajaran bahwa sikapnya tidak baik dan tidak tepat.

3. Pahami perasaan anak

Setelah anak mulai melunak, Anda bisa mulai mendekatinya, dan bicara dengan nada lebih tenang. Pahami permasalahan yang menyebabkan ia membentak atau melawan Anda. Ketika bicara pada anak, Anda bisa memeluknya, atau mengelus pundak dan rambutnya agar ia tahu bahwa meskipun ia melawan, Anda masih tetap akan menyayanginya. Hal ini dapat membantunya untuk bercerita lebih baik.

4. Mencari solusi bersama-sama

Anak yang melawan sebenarnya memiliki sisi positif dimana ia berani mengutarakan pendapatnya, hanya saja caranya yang tidak tepat. Setelah situasi mulai mereda dan anak bisa diajak berdiskusi, bicarakan masalah Anda dengan anak-anak untuk menemukan solusi dan kesepakatan bersama.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik