Anak Obsitas Rawan Kena Kanker Kandung Kemih

DokterSehat.Com – Sebelumnya, sebuah penelitian menyebutkan anak obesitas lebih sulit belajar matematika. Kini studi lain mengungkap fakta bahwa anak yang obesitas punya hubungan erat dengan kanker kandung kemih. Khususnya, anak obesitas berisiko tinggi terjangkit penyakit tersebut ketika mereka dewasa.



Seperti yang dilansir dari Health Me Up (26/07), studi ini dilakukan oleh peneliti dari Tel Aviv University Sackler Faculty of Medicine. Tim ahli menganalisis 1,1 juta anggota pria militer Israel dalam jangka panjang. Melalui pemeriksaan catatan kesehatan mereka, peneliti pun menemukan hubungan erat antara obesitas pada anak dengan risiko kanker kandung kemih.

Kami percaya ada sebab tersendiri antara anak yang obesitas dan risiko kanker kandung kemih. Termasuk juga kanker pankreas yang sekarang masih diteliti,” tutur Ari Shamiss, salah satu peneliti.

Para ahli tersebut pun menyarankan orang tua untuk membantu menurunkan berat badan anak yang obesitas. Lagipula, selama ini obesitas juga dikaitkan dengan diabetes, penyakit jantung, dan nyeri otot. Sehingga memiliki berat badan ideal lebih dianjurkan demi menghindari berbagai risiko masalah kesehatan.

Penelitian mengenai anak obesitas dan risiko kanker kandung kemih ini juga telah dilaporkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention and Obesity.