Anak Obesitas Beresiko Mengalami Masalah Kesehatan Ini

DokterSehat.Com – Anak yang sehat adalah anak yang gendut. Pola pikir yang salah kaprah ini masih banyak dipercaya oleh masyarakat. Bagi sebagian orang tua, anak yang kurus akan cenderung terlihat layaknya anak yang kurang terurus. Padahal, anak yang gendut, apalagi anak yang mengalami masalah berat badan berlebihan akan cenderung beresiko terkena masalah kesehatan. Apa sajakah masalah kesehatan tersebut?

doktersehat-anak-kecil-kegemukan-obesitas

Diabetes Tipe 2
Anak yang mengalami obesitas biasanya adalah anak yang mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Selain itu, kecenderungan orang tua memberikan makanan dan minuman yang manis karena lebih disukai anak akan membuat kadar gula darah di dalam tubuh anak meningkat dengan signifikan sehingga akan meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol
Anak yang mengalami obesitas seringkali terjadi karena konsumsi makanan yang kurang sehat. Tak hanya makanan yang manis, makanan yang kaya akan lemak dan berminyak juga akan membuat penumpukan plak pada pembuluh darah yang tentu akan meningkatkan tekanan darah. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan anak bisa mengalami stroke atau serangan jantung.

Masalah Pernafasan dan Gangguan Tidur
Anak yang mengalami masalah kelebihan berat badan akan cenderung lebih beresiko terkena asma atau sesak nafas. Selain itu, masalah pernafasan yang juga disebut ssebagai obstructive sleep apnea bisa terjadi di kala anak tidur. Tak hanya akan mengganggu kualitas tidur, hal ini juga beresiko membahayakan nyawanya.

Pubertas Dini
Anak yang mengalami obesitas akan cenderung memiliki hormon yang tidak seimbang. Alhasil, kondisi ini bisa membuat anak mengalami pubertas dini, khususnya bagi anak perempuan yang bisa mengalami menstruasi lebih awal jika dibandingkan anak perempuan lainnya.