Anak Mengalami Gejala Seperti Ini? Waspadai Penyakit Kanker

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika kanker adalah penyakit yang kerap menyerang mereka yang sudah berusia dewasa atau usia lanjut. Padahal, dalam realitanya, kanker juga bisa menyerang anak-anak. Telah banyak korban meninggal dunia pada anak-anak karena kanker baru diketahui saat kondisinya sudah terlanjur mencapai stadium yang cukup parah sehingga sulit untuk diobati. Karena alasan inilah, ada baiknya orang tua lebih waspada pada gejala-gejala kanker yang terjadi pada anak seperti berikut ini.

doktersehat-anak-sakit-termometer

Menurut Ira Soelistyo yang merupakan Ketua Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, gejala dari kanker pada anak memang cenderung mirip layaknya penyakit biasa sehingga banyak orang tua yang tidak menduga jika gejala tersebut adalah tanda dari penyakit kanker. Ia sendiri bercerita tentang anaknya yang juga terkena kanker pada usia 4 tahun. Anaknya mengalami gejala layaknya kehilangan nafsu makan, lesu, dan juga terlihat pucat. Saat berjalan, anaknya juga terlihat mudah jatuh dan mudah mengalami memar-memar. Setelah diperiksakan, Ira sangat terkejut karena anaknya didiagnosis terkena leukemia atau kanker darah, salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang anak-anak.

Tak hanya gejala-gejala tersebut, orang tua juga harus mewaspadai anak yang pucat dan mengalami badan panas namun dengan suhu yang tidak terlalu tinggi dalam waktu yang lama. Panas ini memang bisa diobati, namun saat obat ini habis, panasnya juga akan muncul kembali.

Menurut Ira, anak yang terlihat pucat disebabkan oleh rendahnya sel darah merah, salah satu tanda dari adanya kanker darah. Munculnya demam juga disebabkan oleh rendahnya sel darah putih. Dalam beberapa kasus, anak juga bisa mengalami gejala berupa pendarahan pada kulit, gusi, atau bahkan mimisan. Selain itu, jika perut anak membesar dan muncul benjolan, hal ini juga bisa menandakan adanya kanker.

Gejala lain dari kanker anak yang perlu diwaspadai oleh orang tua adalah nyeri pada tulang, kaki, dan tangan, yang bisa menyebabkan pembengkakan dalam waktu yang lama. Untuk kanker mata, kita juga harus waspada andai ada titik putih pada bola mata, masalah juling, hingga pembengkakan pada sekitar mata.