Anak Mabuk Kendaraan? Ini Cara Mengatasinya

DokterSehat.Com – Mabuk perjalanan dapat dialami baik oleh orang dewasa atau anak-anak. Menurut para peneliti, mabuk perjalanan dapat terjadi ketika otak menerima informasi yang berbeda dari indra pendeteksi gerakan seperti telinga bagian dalam, mata, dan jaringan syaraf pada anggota tubuh.

15

Contoh sederhananya begini, jika si kecil naik mobil kemudian dia nonton film kartun di jok belakang, maka telinga bagian dalam dia akan mendeteksi adanya gerakan dari mobil tapi mata dan syaraf pada anggota badanya tidak. Perbedaan informasi yang diterima otak tersebut dapat memicu terjadinya keringat dingin, perut mual, pusing, atau bahkan muntah.

Para peneliti belum mengetahui secara jelas kenapa sebagian anak gampang mabuk sementara yang lainya tidak. Namun demikian mereka tau bahwa mabuk perjalanan jarang menimpa bayi dan anak dibawah 2 tahun, sedang anak-anak dengan usian 2 sampai 12 tahun lebih mudah terkena gejala-gejala mabuk perjalanan. Lalu bagaimana agar si kecil tidak mabuk ketika diajak berkendaraan? Berikut adalah beberapa tipsnya :

  • Rencanakan jalur anda untuk menggunakan jalan tol, jangan berpergian melalui jalan yang sibuk dan macet. Perjalanan yang tersendat-sendat serta jalan yang berkelok-kelok mengganggu perut si kecil.
  • Bepergian pada waktu tidur siang. Tidur mengatasi rasa mual di perut. Waktu yang terbaik untuk berangkat adalah tepat sebelum tidur siang. Dengan demikian, anda dapat berharap untuk tiba ditujuan  dengan si kecil yang merasa nyaman dan dapat beristirahat dengan baik.
  • Isi perut anak anda, tetapi jangan sampai penuh. Sebelum berangkat, berikan makan ringan kepada anak (makanan tanpa lemak dan makanan olahan yang terbuat dari susu, sereal, pasta , buah-buahan), dan bawalah makanan ringan laingannya seperti biscuit, minuman dingin didalam karton dengan sedotan.
  • Terlebih dahulu, isilah mobil anda dengan bensin hingga penuh. Anak peka terhadap asap knalpot dan bau di pompa bensin.
  • Sediakan kursi yang membuat anak dapat menatap ke luar jendela. Anak mengalami mabuk bila mereka tidak dapat menatap keluar jendela.
  • Lakukan permainan yang membuat anak tetap  terfokus  pada benda yang jauh sekali. Papan reklame, bangunan, dan pegunungan jauh lebih menenangkan anak anda dibandingkan buku mewarnai yang harus dilihat dari dekat.
  • Obat antimabuk tidak direkomendasikan untuk anak yang belum berusia satu tahun. Ceklah dulu dengan dokter anda, kalau-kalau ada alasan medis bagi anak anda untuk tidak menggunakan obat ini. Obat antimabuk adalah obat yang dijual bebas yang aman dan efektif untuk meredakan rasa mual dan rasa pening yang berhubungan dengan mabuk akibat berkendara.