Anak Langsung Tidur Setelah Minum Susu? Awas Kerusakan Gigi

DokterSehat.Com – Salah satu minuman yang cukup banyak digemari anak-anak adalah susu. Selain rasanya yang nikmat, banyak orang tua yang memang membiasakan anaknya mengkonsumsi minuman yang sangat baik bagi pertumbuhannya ini. Sayangnya, banyak anak yang meminum susu justru pada saat mereka sebelum tidur sehingga mereka pun tidak lagi memiliki kesempatan untuk menyikat giginya. Padahal, hal ini bisa membuat anak mengalami kerusakan gigi yang cukup parah.

doktersehat-anak-kecil-minum-susu-gizi-nutrisi-bayi-balita

Pakar kesehatan drg. Mirah Afifah menyebutkan jika kebiasaan orang tua yang memberikan susu sebelum anaknya tidur akan membuat gigi anak menjadi lebih rapuh dan sangat mudah patah. Apalagi jika anak meminum susu dengan dot hingga tertidur pulas. Susu akan benar-benar merendam gigi anak dan yang membuatnya lebih parah, susu seringkali ditambah dengan gula. Alhasil, susu pun akan menjadi asam yang akan membuat gigi anak sangat mudah mengalami karies.

Drg. Mirah menyebutkan jika kondisi gigi anak yang mengalami karies atau nursing bottle caries sangat mudah terjadi karena kebiasaan mengkonsumsi minuman atau makanan manis dari susu, jus buah, hingga kue dan biscuit manis. Gigi akan mengalami lekatan pada kandungan gula dalam waktu yang lama, yakni selama semalam dan hal ini akan membuat bakteri di dalam mulut akan segera bereaksi dan mengubah gula ini menjadi asam. Asam inilah yang pada akhirnya akan membuat gigi anak menjadi lebih mudah rapuh dan retak.

Andai hal ini dibiarkan begitu saja, maka kerusakan gigi akan menjadi semakin parah dan gigi anak pun akan tanggal sebelum saatnya. Alhasil, pertumbuhan gigi anak bisa mengalami gangguan.

Ada baiknya orang tua mulai mempertimbangkan untuk tidak memberikan susu pada anak sebelum tidur. Gunakan cara lain layaknya dengan menceritakan dongeng pada anak agar mereka mudah mengantuk dan andai anak memang suka meminum susu di malam hari, ajaklah mereka untuk menyikat gigi bersama sehingga kesehatan gigi dan mulut mereka tetap terjaga.