Anak Kecil Juga Rentan Mengalami Masalah Gigi

Dokter Sehat – Makan sembarangan membuat anak sangat rentan terhadap kerusakan gigi, misalnya saja terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan bahkan susu yang sering ditambah gula juga tidak baik terhadap kesehatan gigi anak. Parahnya, anak-anak justru menyukai hal yang seperti itu tanpa mempedulikan efek jangka panjang yang dibawanya.



Berdasarkan penjelasan drg. Ruby Kusnadi dari MeetDoctor.com, makanan atau minuman manis yang dikonsumsi si kecil akan melekat dan menempel pada gigi jika tidak langsung dibersihkan setelah mengonsumsi. Nah, sisa makanan atau minuman yang tersisa dan menempel pada gigi si kecil tersebut sangat disukai oleh bakteri. Bakteri-bakteri yang menempel pada gigi tersebut mencerna sisa makanan yang menempel pada gigi dan menghasilkan asam yang menyerang gigi dan menyebabkan karies.

Sementara itu, karies pada anak sering terjadi untuk gigi bagian belakang. Namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa terjadi pada bagian gigi yang lainnya. Karies tersebut juga harus dicabut dan dampaknya si kecil akan susah untuk makan. Anda juga tidak ingin kan si kecil menderita karena karies?

Untuk mencegah karies, dapat dilakukan upaya penguatan email gigi dan pengurangan paparan terhadap asam. Fluor dalam air minum merupakan hal yang telah terbukti memperkuat email gigi, kadar fluor yang optimal dalam air minum adalah 0,7 sampai 1,2 ppm.

Untuk mengurangi paparan asam pada gigi (agar tidak menimbulkan karies), hindarkan bayi dari minum susu botol berlama-lama (misalnya berjalan ke mana-mana dengan botol berisi susu di mulutnya). Juga tidak dianjurkan untuk memberikan susu botol pada bayi yang tidur lelap. Usahakan juga agar bayi tetap terjaga sampai 15 menit setelah selesai minum susu. Kalau pun bayi segera tertidur setelah minum susu, maka mulut dan gusi bayi dapat dibersihkan dengan kain kasa yang lembut dan air hangat.

Baca Juga:  Astaga Belum Usai Beras Plastik, Kini Muncul Susu Deterjen

Gigi dan gusi bayi sebaiknya rajin dibersihkan setelah gigi pertama timbul, minimal sekali sehari. Dengan cara ini, mudah-mudahan karies dan penyakit gusi lainnya dapat dicegah. Anak dengan gigi susu yang terawat, akan membangun citra diri yang lebih positif dibanding dengan anak dengan gigi yang penuh karies.

Memang sih, si kecil suka makanan manis. Apalagi susu. Nah Ladies, Anda harus ingat bahwa ASI jauh lebih baik dari pada pemberian susu.ASI adalah asupan makanan yang sehat bagi gigi bayi, karena ASI dapat memperlambat pertumbuhan bakteri dan produksi asam. Namun, ketika ASI diselingi dengan makanan atau minuman manis tingkat kerusakan gigi akan lebih cepat.