Anak Juga Bisa Mengalami Insomnia, Lho

DokterSehat.Com – Kita seringkali berpikir jika insomnia adalah penyakit yang hanya akan menyerang orang dewasa. Memang, orang dewasa akan cenderung lebih sering mengalami stres sehingga akan lebih mudah terkena masalah kurang tidur ini. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika anak ternyata juga beresiko mengalami insomnia. Sebagaimana kita ketahui, anak memang cenderung sangat berenergi di siang hari sehingga mereka malas untuk tidur siang, namun, jika anak kesulitan mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari, aktivitas harian mereka di siang hari pun terganggu sehingga mereka kesulitan untuk bermain, belajar, dan bersosialisasi dengan kawan-kawannya mengingat mereka menjadi lebih lesu. Lantas apakah ada yang bisa kita lakukan untuk mengatasi insomnia pada anak?

doktersehat-hiv-aids-anak-demam-hidung-tersumbat

Mematikan Gadget dan Peralatan Elektronik Lainnya
Tahukah anda jika ada kasus radiasi dari gadget yang bisa membuat anak sulit tidur? Ada baiknya sejak kecil anak sudah dibiasakan untuk tidak bergantung dengan gadget layaknya ponsel, tablet, dan lain sebagainya. Saat tidur, segera matikan semua gadget atau setidaknya jauhkan gadget dari tempat tidur anak. Tak hanya itu, matikan pula televisi sehingga anak pun bisa dengan tenang tertidur tanpa adanya gangguan apapun.

Pastikan Kamar Tidur Anak Nyaman
Ajari anak semenjak kecil untuk tidur dengan kondisi lampu yang redup atau bahkan gelap. Selain itu, pastikan agar suhu di ruangan anak tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin sehingga akan nyaman untuk tidur.

Mandi Air Hangat
Tubuh yang bersih dan nyaman akan membantu anak untuk tidur dengan nyenyak. Cobalah untuk memandikan anak dengan air hangat yang bisa membuat anak lebih cepat untuk tertidur.

Yoga Atau Medatasi
Andai masalah insomnia anak sudah cukup parah, cobalah untuk mengajari anak untuk bermeditasi. Perlatihan pernafasan akan membuat anak menjadi lebih rileks dan lambat laun akan pun bisa segera tertidur. Tak hanya itu, cobalah untuk melatih anak untuk melakukan gerakan yoga sederhana yang bisa membuat saraf mereka menjadi lebih tenang sehingga anak pun akan segera terlelap.