Anak Ibu Cacingan? Gunakan Temu Ireng Untuk Mengobatinya

Salah satu masalah kesehatan yang kerap menyerang anak-anak adalah cacingan. Meskipun terlihat layaknya penyakit yang biasa saja, dalam realitanya cacingan bisa menjadi masalah kesehatan yang serius andai dibiarkan begitu saja. Tak hanya membuat perut anak menjadi buncit, cacingan bisa membuat anak tidak bisa mendapatkan gizi dari makanan yang mereka konsumsi. Padahal, gizi dan nutrisi dari makanan ini sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhannya. Karena alasan inilah ada baiknya orang tua segera mengatasi masalah ini. Tak hanya dengan memberikan obat-obatan, kita juga bisa memberikan bahan alami untuk mengatasi masalah cacingan ini. Bahan alami tersebut adalah temu ireng.

doktersehat-virus-zika-anak-sakit-persendian-otot-cacingan-sakit

Temu ireng adalah salah satu bumbu rempah yang memiliki nama latin curcuma aeruginosa roxb. Temu ireng sendiri dikenal dengan berbagai jenis nama di tanah air, yakni temu hitam, koneng hideung, temo ireng, dan juga temu lotong. Di dalam temu ireng sendiri kita bisa menemukan 2 persen kandungan minyak atsiri, kurzerenon, monoterpene, seskuiterpen, lemak, pati, dan juga damar. Berbagai kandungan yang ada di dalam temu ireng ini diyakini mampu mengatasi cacingan.

Menurut pakar kesehatan, temu ireng memang bisa digunakan sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai macam masalah pencernaan. Untuk membuatnya menjadi obat sendiri, kita bisa mengolahnya dengan cara memeras, merebus, atau menyeduhnya. Jika anak diberikan minuman temu ireng ini secara teratur, maka masalah cacingan akan bisa disembuhkan sehingga mereka pun tidak akan mengalami masalah kurang gizi.

Tak hanya mengatasi cacingan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa temu ireng juga bisa diberikan pada anak andai mereka mengalami masalah susah makan layaknya temu lawak. Dengan makan lebih lahap, maka anak tentu akan menjadi semakin sehat dan tumbuh dengan maksimal.