Anak Anda Batuk? Tenang, Ada Banyak Cara Mengobatinya

DokterSehat.Com – Jika kita memiliki anak kecil di rumah, maka kita tentu akan terbiasa melihat anak mengalami beberapa penyakit ringan layaknya batuk, pilek, atau bahkan demam. Penyakit-penyakit ini memang wajar menimpa anak kecil karena memang anak kecil suka sekali mencoba banyak hal. Sebagai contoh, anak-anak yang suka menyentuh berbagai barang dan kemudian memasukkan tangan ke dalam mulut ternyata dapat membawa bakteri dan virus yang membawa berbagai macam penyakit. Meskipun penyakit-penyakit tersebut termasuk mudah diobati, namun, kita tentu akan merasa tidak tega jika melihat anak kita terkena batuk meskipun untuk beberapa hari saja, bukan?



Batuk sendiri sebenarnya adalah salah satu cara tubuh untuk membuat sistem pernafasan manusia menjadi lebih lancar. Adanya lendir yang menutupi saluran pencernaan bisa disebabkan oleh beberapa virus atau bakteri diharapkan keluar dengan adanya batuk tersebut. Yang menjadi masalah adalah, jika batuk ini dibiarkan begitu saja dan kondisi tubuh anak semakin menurun, maka anak pun akan sulit untuk makan dan melakukan kegiatan dengan aktif yang tentu saja akan sangat menyiksanya.

Obat batuk di pasaran kini telah banyak tersedia dengan berbagai macam bentuk dan juga rasa mengingat tak semua anak bisa meminum obat batuk dengan rasa yang cenderung pedas atau hangat. Hanya saja, sebelum memilih obat batuk yang akan diminum anak kita, maka kita harus jeli dulu menentukan jenis batuk dan juga penyebabnya. Tak semua batuk disebabkan oleh flu karena polusi udara pun bisa menjadi penyebabnya sehingga kita tentu harus memilih obat yang tepat. Satu hal yang pasti, anak yang batuk harus sering-sering minum air putih sehingga lendir yang menutupi saluran pernafasan akan jauh lebih encer dan menghilang. Air minum yang hangat akan jauh lebih direkomendasikan karena efek penyembuhannya pun akan jauh lebih cepat.